Pusat Budaya Sumedang Segera Dibangun

Pusat Budaya Sumedang Segera Dibangun

TINJAU LOKASI: Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat meninjau rencana lokasi pembangunan Gedung Pusat Budaya Sumedang Larang (PBSL) bersama para kepala SKPD di Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, kemarin.(ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP NURDIN/IGUN/SUMEKS

RANCAKALONG – Upaya mengembangkan sektor industri pariwisata, Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam waktu dekat akan membangun Pusat Budaya Sumedang Larang (PBSL) di Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong.

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir menyebutkan, gedung PSBL akan didirikan di atas lahan seluas 3 Hektare, yang wilayahnya meliputi tiga desa, yakni Desa Sukamaju, Sukarahayu dan Pamekaran di Kecamatan Rancakalong.

”Pembangunannya akan kita lakukan di Tahun 2019 ini,” kata Dony kepada Sumeks di sela kunjungannya di Desa Sukamaju, kemarin (21/1).

Kata Dony, gedung yang bertaraf Intetnasional itu akan dibangun geotheater dan beberapa fasilitas yang menggunakan arsitektur kasundaan. Selain itu akan ada konten-konten yang mencerminkan budaya Sunda.

”Ada beberapa pertimbangan dan latar belakang secara historis dengan dipilihnya kecamatan Rancakalong sebagai lokasi pembangun PBSL,” katanya.

Salah satunya, karena di Rancakalong sudah sejak dahulu telah berkembang bahkan terkenal dengan seni dan budayanya. ”Untuk menunjang kelancaran pembangunannya, diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang dari berbagai pihak,” tambahnya.

Bahkan, dia mengajak semua unsur yang terlibat di dalamnya, harus bersama-sama bersinergi mengawal pembangunan PBSL, mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan termasuk dalam mensukseskan pembangunannya.

”Mari kita dukung dan sukseskan bersama-sama pembangunan pusat budaya sumedang larang ini,” kata Dony menyerukan.

Intinya, kata dia, semua pemangku kebijakan harus kompak dan bersinergi. ”Mulai dari tingkat desa, kecamatan dan SKPD untuk menjaga dan mengawal dalam mewujudkannya,” ujarnya.

Dengan dibangunnya pusat budaya itu, Dony berharap dapat menjadi bagian dari upaya untuk melestarikan seni budaya Sumedang.

”Selain itu, dapat mengembangkan pariwisata serta mengembangkan ekonomi masyarakat yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya. (nur/ign)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.