Puskesmas Pembantu di Desa Karedok Tak Terawat

**MAU AMBRUK

JATIGEDE – Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede nyaris ambruk. Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, harus segera memperbaiki fasilitas kesehatan tersebut. Sebab, kalau terus dibiarkan akan mengganggu pelayanan kesehatan di Desa Karedok.

“Kondisi bangunan sangat memprihatinkan dan butuh bantuan perbaikan dari pemerintah. Kondisi ini, dikhawatirkan mengganggu pelayanan karena takut gedung roboh,” ujar Kades Karedok Intab Sukarya Putra kepada Sumeks, kemarin.

Ia menyebutkan, rusaknya bangunan Pustu terjadi sejak 2008 lalu. Meskipun dalam kondisi yang mengkhawatirkan, namun belum pernah diperbaiki sama sekali.

Menurutnya, hingga kini, fisik bangunan Pustu, komponennya sudah banyak yang rusak dan perlu perbaikan yang mendesak. “Banyak yang rusak seperti jendela, genteng pecah, cat dan sebagainya,” ucapnya.

Ia mengatakan, fungsi Pustu di Karedok sangat dibutuhkan. Karena wilayah Karedok jauh dari sarana Puseksmas kecamatan. Semua warga Karedok, kata dia, mengandalkan pustu untuk pelayanan kesehatan karena bagian utama dalam jaringan pelayanan Puskesmas.

Terpisah, Anggota DPRD dari dapil Jatigede, Dede Suwarman mengatakan, akan berupaya mendorong Pemkab Sumedang supaya memperhatikan perbaikan Pustu tersebut. Pustu di Karedok sangat dibutuhkan karena merupakan satu-satunya pelayanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh masyarakat setempat,

Dikatakan, sangat disayangkan fasilitas umum penting namun tidak mendapatkan perhatian penuh pihak terkait. “Kita akan dorong Dinkes (Dinas Kesehatan) untuk melakukan perbaikan. Warga Karedok sangat membutuhkan pustu tersebut,” katanya. (eri)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.