R2 Dominasi Pelanggaran

Peliput/Editor: Engkos Koswara

R2 Dominasi Pelanggaran

TILANG: Selain menilang sepeda motor yang mendominasi pelanggaran lalu lintas, Jajaran Polsek Tanjungsari juga menilang dan menegur pengguna kendaraan roda empat atau lebih, kemarin. (ENGKOS KOSWARA/JATEKS)

TANJUNGSARI – Jajaran Polsek Tanjungsari, menggelar razia di depan mapolsek, dalam operasi rutin penertiban kendaraan. Tak hanya roda dua (R2), kendaraan roda empat (R4) ikut diberhentikan. Dan dalam pelaksanaannya, puluhan pengendara motor ditilang, Rabu (10/8).
Pimpinan Operasi Rutin Polsek Tanjungsari, Kompol Kusdi Wibisono mengatakan, dalam operasi ini, petugas telah mengeluarkan surat tilang bagi kendaraan yang tidak dilengkapi surat sebanyak 18.
Rata-rata, roda dua yang melanggar diantaranya ada 12 yang tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) saat berkendara dan ada 6 tidak membawa STNK. Pengendara yang tak punya SIM, merupakan pelanggaran terbanyak.
Razia tersebut, digelar mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Begitu juga, dalam operasi ini tidak hanya mengeluarkan surat tilang atas pelanggaran yang ada, tetapi juga telah memberikan beberapa teguran kepada pengendara yang memiliki SIM dan STNK, karena kelengkapan sepeda motornya tidak lengkap.
“Paling dominan yang kena tilang disebabkan pengendera tak memiliki SIM. Selain itu, tidak menggunakan helm penumpang sepeda motor, dan mereka harus kita tilang agar jera dan tahu manfaat menggunakan helm,” kata Kusdi kepada Jateks disela gelar operasi rutin, kemarin.
Petugas pun tidak hanya menilang, tapi juga memberikan teguran agar yang punya SIM dan STNK, melengkapi semua kelengkapan sepeda motornya. “Kelengkapan kendaraan juga harus diperhatikan. Jika tidak lengkap tetap ditilang,” tuturnya.
Pihaknya mengimbau, kepada para pengendara agar tetap membawa kelengkapan surat kendaraan, baik yang akan berangkat jauh maupun dekat. Selain itu, untuk menjaga keselamatan, sebaiknya gunakan helm saat mengendarai motor.
“Penggunaan helm demi keselamatan pengguna motor itu sendiri,” pungkasnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.