Rancakalong Siaga Bencana Longsor

RANCAKALONG – Memasuki musim hujan, pemerintah Kecamatan Rancakalong, mulai berbenah. Diantaranya dengan mendirikan pos-pos penanganan, baik ditingkat desa maupun tingkat kecamatan, Rabu (11/11).

Wilayah Kecamatan Rancakalong sendiri, yang didominasi perbukitan dan pegunungan ketika mamasuki musim hujan, kerap terjadi bencana, terutama bencana Longsor.

Camat Kecamatan Rancakalong, Heri Dewantara, mengatakan, pihaknya telah mengintruksikan ke tiap desa agar berhati-hati menjelang musim penghujan. “Ya, kita sering melakukan sosialisasi kepada warga agar tetap waspada. Ini merupakan bentuk antisipasi yang dilakukan agar masyarakat lebih sadar serta berhati-hati,” ujar Heri saat dihubungi Jatinangor Ekspres kemarin.

Heri menyebutkan, pihaknya sering kerepotan memantau wilayah yang letaknya sulit dijangkau. Dia pun memastikan warganya, agar cepat melapor apabila di wilayahnya terjadi bencana yang tidak diharapkan. “Setelah hujan kemarin, sampai saat ini belum ada laporan bencana yang menimpa warga kami,” ujarnya.

Beberapa wilayah di Rancakalong, kata Heri, yang biasa terjadi longsor diantaranya di Desa Sukamaju, Desa Pangadegan, Desa Pasirbiru dan Rancakalong. “Untuk musim hujan sekarang mudah-mudahan jangan sampai terjadi longsor,” ujarnya. (cr9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.