Ranggasari Programkan Rumah Sehat Fakir

Ranggasari Programkan Rumah Sehat Fakir

WAWANCARA: Kepala Desa Ranggasari Gunawan programkan Rumah Sehat Fakir.(HERI/SUMEKS)

PEWARTA: ATEP BIMO AS/HERI PURNAMA/SUMEKS

SURIAN – Tahun 2021, Pemerintah Desa Ranggasari Kecamatan Surian menargetkan tidak ada lagi warga fakir miskin yang tidak memiliki rumah tidak sehat. Semuanya harus sudah memenuhi persyaratan sebagai rumah sehat.

“Insya Allah Desa Ranggasari akan bebas rumah kumuh pada tahun 2021, melalui program Rumah Sehat Fakir Desa Ranggasari, ” ujar Kepala Desa Ranggasari saat berbincang dengan Sumeks di kantornya, baru-baru ini.

Gunawan menuturkan, program Rumah Sehat Fakir Desa Ranggasari, dimulai pada 2017. Saat itu, sebanyak enam unit rumah mengalami perbaikan.

Kemudian, kata dia, pada 2018 rumah yang diperbaiki mengalami peningkatan sebanyak delapan unit rumah. Penerima manfaat ada di dua dusun, yaitu Dusun Pasir Wareng dan Dusun Ciponoh.

“Rencananya, pada 2019 ini perbaikan akan dilakukan pada 13 unit rumah. Terdiri dari tujuh unit di Dusun Pasir Wareng dan enam unit di Dusun Ciponoh,” ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan data yang diperoleh masih tersisa sebanyak sekitar 20 unit rumah yang akan diperbaiki melalui program Rumah Sehat Fakir Desa Ranggasari.

“Pada 2021 semuanya harus tuntas diperbaiki dan tidak ada lagi rumah kumuh di Desa Ranggasar,” paparnya.

Dijelaskan Gunawan, program Rumah Sehat Fakir merupakan visi Pemerintah Desa Ranggasari melalui kepala desanya. Kriteria rumah sehat, di antaranya mempunyai bak, WC dan lantai keramik dengan bangunan semi permanen.

“Anggaran yang dipakai menggunakan dana desa (DD) dengan besaran Rp 30 juta per unitnya,” jelas dia.

Gunawan mengharapkan, penerima manfaat program Rumah Sehat Fakir dapat menikmati rumah sehat dan layak huni. Selain itu, dengan adanya rumah sehat akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Ranggasari. “Karena, di Desa Ranggasari sudah tidak ada lagi rumah kumuh,” tuntasnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.