Rapat Pleno Digelar Kamis

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Rapat Pleno Digelar Kamis

Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa MH. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

Penetapan Hasil Pemilu

KOTA – Proses rapat pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilihan Gubernur Jawa Barat serta Pemilihan Bupati Sumedang pada Pemilukada 2018 akan digelar Kamis (5/7) mendatang.

Sesuai jadwal yang ditargetkan, rapat pleno di tingkat kecamatan telah dilakukan masing-masing PPK secara serentak.

“Dari 26 kecamatan pun telah sampai di Kantor KPU Sumedang sejak Jum’at (29/6) dan Sabtu (30/6) beberapa hari lalu,” kata Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa SH MH menuturkan kepada Sumeks belum lama ini.

Kata dia, ada 6 kotak suara baik Pilbup maupun Pilgub berisi 7 formulir model D, model form C dan satu anak kunci. Sedangkan untuk surat suara akan diserahkan usai pleno KPU.

“Setiap hari ini kita telah menyelesaikan proses rekap per tanggal 29 dan 30 kemarin dan kini telah usai,” ujarnya.

Sebelum tiba di KPU, lanjut dia, kotak suara dibuka unsur PPK dan disaksikan pihak Panwaslu dari Pengawas TPS, pengawas desa, Pengawas Kecamatan unsur Muspika dan para stakeholder di masing-masing sekretariat PPK.

“Semua kotak suara juga telah tersimpan di KPU, dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian,” katanya.
Setelah semuanya usai, lanjut Hersa pihaknya akan menggelar rapat pleno di tingkat KPU pada tanggal 5 Juli 2018.

“Pemilihan Gubernur akan terlebih dahulu diplenokan, setelah itu baru akan dilakukan pada tataran pemilihan Bupati Sumedang pada tanggal 6 Juli 2018,” terangnya.

“Hasil Pleno akan ditetapkan siapa yang meraih suara terbanyak. Setelah pleno beres tinggal penetapan calon terpilih. Pleno ini pun tidak berbarengan dengan hasil akhir, lantaran kita nunggu apakah ada gugatan atau tidak,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke MK. “Pertimbangan untuk penetapan tentu dari MK apa sudah benar atau belum putusan dari KPU ini. Kalau oleh MK dinyatakan benar maka bisa ditetapkan Gubernur atau Bupati terpilih. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.