Raskin Tak Layak Konsumsi

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Raskin Tak Layak Konsumsi

KUALITAS JELEK: Kondisi raskin tak layak konsumsi ini dikembalikan warga Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, belum lama ini.

Timbangan Tiap Karung Berkurang

DARMARAJA – Meski beras sejahtera (rastra) atau beras miskin (raskin) tetap tersalurkan, namun kualitasnya kian menurun. Selain itu, setiap pendistribusiannya mengalami pengurangan timbangan dari setiap karungnya.

Seperti dirasakan warga Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja. Ada beras raskin yang kualitasnya buruk dan tidak layak konsumsi.

Hal ini pun dibenarkan Kepala Desa Tarunajaya Eman Sulaeman. Pihak desa mendapatkan keluhan dari masyarakat akan kualitas renstra atau raskin yang tidak layak konsumsi.

“Ya, ada satu RW yang mengembalikan raskin ke desa karena kualitasnya sangat buruk dan tidak layak untuk dikonsumsi,” tuturnya, belum lama ini.

Lebih lanjut, Eman juga mengatakan, untuk kualitas raskin sebelumnya pun memang kurang bagus tapi layak konsumsi. Namun untuk saat ini, kondisinya sangat tidak layak untuk dikonsumsi.

“Sebenarnya kalau yang parah sekali kualitasnya baru kali ini. Sebelumnya juga ada yang kualitasnya jelek, tapi itu masih bisa dimanfaatkan oleh warga,” ucapnya.

Sebenarnya, permasalahan yang sering terjadi dalam penyaluran renstra atau raskin ke tiap desa, sering berkurangnya timbangan dari setiap karungnya.

“Pernah hilang sampai empat kilogram perkarungnya. Tapi sekarang rata-rata kurangnya 0,5 sampai satu kilogram perkarung. Untuk Desa Tarunajaya itu ada 361 karung yang isinya 15 kilogram, sekarang kalau hilangnya 1 atau 0,5 kilogram kan banyak untuk satu desa,” sebutnya.

Eman berharap, agar pemerintah lebih tegas lagi dalam pengawasan distribusi beras renstra. Sebab untuk masalah berkurangnya timbangan itu sudah berlangsung lama dan hampir semua desa mengalaminya.

“Ya kalau bisa, awasi lah dalam pendistribusian ke desa, kan kasihan masyarakat,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.