Ratusan Anggota Pramuka Kepung Sumedang Kota

Ratusan Anggota Pramuka Kepung Sumedang Kota

BERSIAP: Sejumlah anggota pramuka penggalang mengikuti kegiatan Gebyar Maha Karya se-Jawa Barat di Kampus UPI Sumedang.

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

SUMEDANG – Ratusan anggota pramuka tingkat penggalang se-Jawa Barat, mengikuti Gebyar Maha Karya yang dipusatkan di Kampus UPI Sumedang, Minggu (19/11) lalu.

Divisi Teknis Lapangan Ari Abdul Malik mengatakan, kegiatan yang pertama kali dilakukannya itu bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi antara sesama anggota pramuka tingkat penggalang.

“Sekaligus mempertajam pengetahuan anggota pramuka dalam masalah pelajaran kepramukaan,” katanya.

Dalam acara tersebut, pihaknya memiliki kegiatan jelajah kota. Para peserta yang berasal dari berbagai kabupaten itu, melakukan perjalanan di seputar Sumedang Kota.

“Rute perjalanan yang peserta lalui mulai dari Kampus Upi, kawasan Angkrek hingga memutar di Bunderan Alam Sari,” sebutnya.

Untuk setiap pos yang peserta lalui, ada beberapa pertanyaan yang harus diisi masing-masing regu. “Soal-soal yang kami pertanyakan seputar kepramukaan. Seperti semapur, sandi morse ditambah beberapa pertanyaan masalah pengetahuan umum,” tuturnya.

Konsep acara tersebut, sama halnya seperti jelajah alam yang biasa dilakukan dalam kegiatan pramuka. “Hanya saja medan yang kita lalui saat ini di kawasan perkotaan,” ungkapnya.

Ari menambahkan, kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Sebab kegiatan perdana ini, mengundang antusias yang sangat tinggi dari berbagai sekolah di Jawa Barat.

“Peserta kali ini terdiri dari 75 regu dari 15 sekolah di Jawa Barat,” katanya menambahkan.

Dirinya berharap, dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepekaan anggota pramuka terhadap lingkungan sekitar.

“Yang terpenting, kita mengajarkan kepada anak-anak bagaimana tatakrama berjalan di tempat umum,” tukasnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.