Ratusan Kades Ikuti Bimtek PBB

Peliput/Editor: IST

Ratusan Kades Ikuti Bimtek PBB

BIMTEK: Ratusan peserta mengikuti bimtek PBB Perdesaan dan Perkotaan Tahun Anggaran 2017 di Gedung Asia Pelaza

KOTA – Bupati Sumedang membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan Tahun Anggaran 2017 yang bertempat di Gedung Asia Plaza Sumedang, Senin (18/12).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Bappenda, para Camat, para Kades, para Lurah Se-Kabupaten Sumedang serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Andri Indra Widianto dalam laporannya mengatakan, kegiatan bintek ini berdasar pada Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan wawasan dan persamaan persepsi kepada seluruh stake holder pengelola pajak PBB khususnya seluruh kecamatan Desa/Lurah di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Masih menurut Andri, kegiatan Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan penerimaan pajak bumi dan bangunan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Peserta bimbingan teknis pengelolaan PBB tahun 2017 sebanyak 303 orang yang terdiri dari 26 Kecamatan, 7 Kelurahan, dan 270 Desa,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Eka mengatakan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan seharusnya dapat menjadi primadona penerimaan Daerah yang perlu digali dan dikelola secara profesional dan proporsional agar diperoleh penerimaan yang optimal guna menunjang penyelenggaraan Pemerintah Daerah mengingat karakteristik objeknya yang relatif banyak dan bersifat tetap dengan nilai yang selalu naik dari tahun ke tahun.

“Keberhasilan yang telah kita raih bersama, janganlah membuat kita cepat berpuas diri, karena sebagaimana kita ketahui bersama tahun anggaran 2018 mendatang akan menjadi tugas berat sekaligus tantangan bagi kita semua untuk merealisasikan target pendapatan daerah,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya Bupati Sumedang secara simbolis memberikan penghargaan kepada 88 Desa yang telah mencapai target pemungutan pajak yang telah dilunasi sebelum tanggal 30 September 2017. (rls)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.