Reaktivasi Rel Kembali Mencuat

Reaktivasi Rel Kembali Mencuat

PERIKSA REL: Sejumlah pihak PT KAI memeriksa kondisi rel kereta api terutama untuk jalur Rancaekek-Tanjungsari. (NET/ILUSTRASI)

PEWARTA: Engkos Koswara/Usep Adhiwihanda

JATINANGOR – Persoalan reaktivasi rel kereta api Rancaekek-Tanjungsari, kembali mencuat. Hal itu, setelah warga mempertanyakan lagi rencana pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bahkan sebagian warga yang tinggal di atas bekas rel kereta, terus dibikin resah setelah munculnya surat edaran dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) perihal reaktivasi. Hanya saja hingga saat ini, tidak ada kepastian kapan bekas rel tersebut akan digunakan oleh PT KAI.

“Jadi selama ini hanya sosialisasi saja yang saya dengar. Jadi tidak ada kepastian pelaksanaan penggunaan kembali bekas rel itu sehingga kami merasa resah dan kebingungan,” kata Pipin Firmasyah, 33, warga Jatinangor belum lama ini.

Menyikapi keresahan sebagian masyarakat Jatinangor yang bermukim di lahan bekas jalur kereta api, anggota DPRD Sumedang Fraksi Gerindra Deden Doni Herlansyah, siap menampung harapan warga dan rencananya akan ikut memperjuangkan nasibnya.

“Kami sangat memahami kondisi warga terutama yang tinggal di bekas rel kereta api. Jika reaktivasi rel kereta Rancaekek-Tanjungsari terealisasikan, mereka akan tinggal di mana. Wajar kalau saat ini mereka sangat gelisah takut rumahnya terkena gusur,” katanya.

Melihat persoalan itu, Deden siap membantu keinginan warga, salah satunya terkait kepastian “kadeudeuh” jika lahan itu memang akan kembali dipakai negara. “Mereka sudah diminta agar segera membuat surat resmi ke DPRD Sumedang, terkait upaya mediasi mencari solusi yang terbaik buat kedua pihak,” jelasnya.

Bahkan secara pribadi, pihaknya menolak rencana reaktivitas itu. “100 persen menolak keras rencana reaktivasi itu. Ya, pertimbangannya itu tadi. Proyek itu akan menuai dampak sosial yang hebat,” ucapnya. Meskipun demikian, pihaknya memastikan akan menyikapi apa pun aspirasi masyarakat.

“Termasuk saya selaku wakil rakyat di daerah pemilihan Jatinangor, akan membantu apapun harapan masyarakat,” tuturnya. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.