Redam Hoax, Bentuk Relawan Demokrasi

Redam Hoax, Bentuk Relawan Demokrasi

ANTISIPASI HOAX: Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi saat diwawancara sejumlah wartawan, belum lama ini.(ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

**Ogi: Pemilu Sementara, Persaudaraan Selamanya

KOTA – Menyikapi memanasnya suhu politik jelang Pilpres 2019 mendatang, KPU Kabupaten Sumedang senantiasa melakukan langkah-langkah strategis dalam menghadang beredarnya hoax. Terutama yang menyebar luas di sejumlah akun media social (medsos).

“Kami berharap, kedua kubu saling menahan diri. Melakukan kampanye yang sesuai dengan aturan,” kata Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi saat ditemui Sumeks di kantornya, belum lama ini.

Bahkan, dia mengajak masyarakat untuk meyakinkan memilih pilihannya, dengan visi dan misi. Bukan dengan melontarkan hujatan satu sama lain.

“Kamu mengimbau juga, dalam bermedia sosial kedua kubu untuk tidak saling melempar isu hoax,” ujarnya.

Karena dalam era post truth ini, lanjut dia, dimana fakta dikesampingkan lebih mengutamakan emosi dan keyakinan individu diutamakan.

Hoax, kata Ogi, tidak mudah untuk dibendung. Maka, perlu komitmen yang kuat dari semua pihak untuk melawan hoax. “Hoax ini membahayakan persatuan dan kesatuan,” sebutnya.

Bahkan untuk membendung hoax, pihaknya sejak jauh-jauh hari secara masif sudah mengkampanyekan gerakan Lawan Hoax.

“Sekarang di beberapa kegiatan internal dan juga kegiatan bersama peserta pemilu, disampaikan terkait bahaya hoax dan perang melawan hoax,” katanya.

Keseriusan KPU dalam membendung hoax tidak sampai di situ saja. Pihaknya, kini memiliki Relawan Demokrasi yang terbagi kedalam 10 basis.

“Relawan demokrasi membantu menyosialisasikan dan membantu meredam agar gesekan di antara masyarakat tidak mengoyak persatuan,” tuturnya.

KPU, lanjut Ogi, mengimbau agar para pendukung pasangan calon untuk menahan diri. “Jauhi perbuatan yang saling mencaci, saling menjelekkan satu sama lain,” kata Ogi seraya mengatakan, pemilu hanya sementara sedangkan persaudaraan selamanya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.