Rekom Parpol Masih Bisa Berubah-Ubah

Peliput/Editor: DOK SUMEKS

Rekom Parpol Masih Bisa Berubah-Ubah

DITEMUI:Kepala Divisi Teknis KPU Sumedang Janan Junaidi saat ditemui, belum lama ini

KOTA – Persaingan bakal calon di tubuh partai politik sampai saat ini masih belum berakhir. Hingga, sampai kedua nama pasangan calon yang sudah diusulkan masing-masing parpol terdaftar di KPU.

Walaupun sebagian partai politik sudah optimis mengusung kandidat-kandidat terbaiknya, dinamika politik masih bisa berubah.

Bahkan, meskipun dikabarkan rekomendasi telah berlabuh di masing-masing paslon, masih bukan sebuah jaminan perjalanan politiknya akan terus berlangsung hingga pilkada Sumedang 2018 berlangsung.

“Rekom itu, biasanya dari DPD II dan DPD I itu yang merekomendasikan. Tapi, keputusannya tetap ada di DPP dalam bentuk Surat Keputusan (SK),” kata Kepala Divisi Teknis KPUD Sumedang Junan Junaidi, ketika dihubungi Sumeks, Rabu (20/12).

Junan menegaskan, yang akan diterima oleh KPU sebagai syarat untuk maju di Pilkada nanti adalah SK yang ditandatangani oleh ketua umum partai politik beserta sekretarisnya.

“Itu yang akan menguatkan SK tersebut. Kalau tidak ada tandatangan ketua dan sekjennya itu tidak bisa,” ujarnya.

Pernyataan tersebut dikuatkan lagi pakar politik dan ilmu pemerintahan Universitas Parahiyangan Bandung Prof. DR. Asep Warlan Yusuf. Asep menyebutkan bahwa rekomendasi hanya merupakan syarat untuk mendapatkan surat keputusan atau SK.

“Jadi yang mengikat secara hukum itu surat keputusan (SK) nya, bukan rekomnya,” sebut Asep.

Selain itu, lanjut Asep, SK yang diberikan oleh DPP bisa jadi tidak sesuai dengan yang sudah direkomendasikan sebelumnya. Hal tersebut dapat berubah oleh beberapa faktor.

“Misalnya dari segi survei, pembicaraan di lobby, komitmen yang bersangkutan, itu akan merubah rekomendasi. Dan, yang dipakai oleh KPU nanti itu adalah yang SK itu, bukan rekomnya,” tandasnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.