Rekrutmen P2L Dimulai Desember

Peliput/Editor: ISTIMEWA

Rekrutmen P2L Dimulai Desember

DITEMU MEDIA: Ketua Panwaslu Kabupaten Sumedang Dadang Priatna saat ditemui sejumlah media di kantornya, kemarin.

KOTA – Pada tahapan jelang Pilkada Sumedang 2018, Panwaslu Kabupaten Sumedang memastikan Pengawas Pemilu Lapangan (P2L) se-Kabupaten Sumedang terbentuk Januari 2018.

“Nanti kami akan mulai melakukan proses rekrutmen keanggotaan P2L. Kemungkinan akan terealisasi di bulan Desember 2017 ini,” kata Ketua Panwaslu Sumedang Dadang Priatna kepada sejumlah media saat ditemui di kantornya, kemarin (9/11)

Meskipun keanggotaan panwas di tingkat kecamatan telah terbentuk, akan tetapi untuk panwas di tingkat desa belum terbentuk hingga saat ini.

“Kami belum menerima surat dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat terkait proses rekrutmen P2L. Jadi, panwaskab saat ini masih menunggu arahan dari Bawaslu Jabar,” ujar Dadang.

Dadang menuturkan, idealnya P2L telah terbentuk saat tahapan pemutakhiran data pemilih dan verifikasi faktual parpol. Dan secara teknis, proses rekrutmen P2L mekanismenya diserahkan kepada panwascam.

“P2L sekarang hanya satu orang per desa. Namun, sekarang akan dilengkapi dengan petugas pengawas TPS dengan masa kerja selama satu bulan dan untuk anggota panwascam masa tugasnya selama enam bulan,” tuturnya.

Mengenai persyaratan untuk menjadi panwas, saat ini harus dilengkapi dengan surat keterangan bebas narkoba dari pihak kepolisian.

“Sekarang, untuk menjadi panwas persyaratannya cukup diperketat. Seperti, harus melampirkan surat keterangan bebas narkoba dari pihak kepolisian,” sebutnya.

Di lain sisi, Dadang mengakui honor untuk P2L kemungkinan sekarang akan naik dibandingkan dengan pilkada periode lalu. Ada pun berapa jumlah honornya, pihaknya belum mengetahui secara detail.

“Kami megharapkan tugas P2L nanti tidak berdasarkan pada data yang diminta dari PPK atau PPS. Seorang panwas ditekankan agar mempunyai data sendiri terkait dengan tahapan Pilkada 2018 mendatang,” tukasnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.