Rem Blong, Bus Hantam Tebing

Rem Blong, Bus Hantam Tebing

EVAKUASI KORBAN: Warga ikut membantu korban kecelakaan tunggal sebuah Bus Budiman menabrak tebing di Jalan Lingkar, Wado,kemarin. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: Heri Purnama/Iman Nurman

SUMEDANG – Diduga mengalami rem blong, sebuah bus jurusan Tasikmalaya-Cikampek menabrak tebing di Jalan Lingkar, Blok Desa Cisurat, Kecamatan Wado, kemarin (12/7). Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Hanya saja, sejumlah penumpang mengalami luka-luka dan shock. Menurut keterangan warga sekitar yang melihat kejadian tersebut, Ici,53, bus yang mengangkut banyak penumpang itu melaju cukup kencang.

Bahkan, ketika ada dua orang penumpang yang hendak naik bus, bus tersebut tidak berhenti. Wajah sopir pun nampak gugup lalu membantingkan stirnya ke kanan sampai menabrak tebing dengan ketinggian kurang lebih 5 meter. “Saya lihat mobil bus Budiman itu melaju dari arah Malangbong Garut. Karena ada dua orang calon penumpang lantas calon penumpang yang dibantu warga memberhentikan bus tersebut. Tapi bukannya berhenti bus itu malah terus melaju sampai kira-kira 50 meter dari tempat calon penumpang lalu mobil membanting ke kanan,” jelasnya.

Mobil bernomor polisi Z 7534 MG yang mengalami kecelakaan tunggal sekitar pukul 11:00 itu, diduga mengalami rem blong. Sehingga saat mau berhenti menaikan penumpang sopir kaget dan hilang kendali.
“Kayanya remnya blong, tapi masih untung sopirnya membantingkan ke kanan. Kalau misalkan dibanting ke kiri banyak terdapat warung dan masyarakat, dan kalau dipaksa melaju akan semakin bahaya karena menghadapi turunan,” katanya lagi.

Akibat kejadian itu, sekitar 6 orang penumpang mengalami luka-luka dan dilarikan ke Puskesmas Darmaraja. Sementara itu kondisi mobil mengalami kerusakan cukup parah dibagian depan.
Sampai pukul 15:00 mobil nahas itu masih tersungkur belum ada upaya evakuasi.

Kapolsek Wado, Iptu Sudjana, mengatakan dengan adanya kejadian tersebut, dia mengimbau kepada masyarakat terkhusus kepada pemilik kendaraan yang hendak menggunakan kendaraannya diharapkan mengecek kondisi kendaraannya terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas menggunakan kendaraannya itu.
“Saya imbau kepada masyarakat agar berupaya mengecek kendaraannya sebelum digunakan,” ucapnya saat ditemui di kantor Polsek Wado. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.