Resah, Ternak Dimangsa Srigala

TANJUNGKERTA – Warga Desa Gunturmekar, Kecamatan Tanjungkerta diresahkan dengan banyak ternak domba yang mati diduga akibat serangan hewan buas. Menurut keterangan Kapolsek Tanjungkerta, AKP Aep Suhendi, serangan itu sudah berlangsung sejak 3 minggu lalu.

“Sudah ada sekitar 12 domba diserang hewan buas selama 2 hingga tiga minggu kebelakang,” ujar Aep di kantornya.

Aep menuturkan, diduga ternak domba warga tersebut diserang oleh anjing hutan (srigala) yang datang dari wilayah hutan di Gunung Datar. Namun, jumlahnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti. ”Yang jelas, ternak domba milik warga hanya dibunuh. Namun, tidak dimakan oleh hewan buas tersebut,” jelasnya.

Dikatakan, untuk menanggulangi kejadian ternak mati dibunuh hewan buas maka digelar kegiatan berburu pada Sabtu-Minggu (13-14/7). Kegiatan berburu dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, Komunitas Jabursilan beserta masyarakat yang dibantu oleh Perbakin.

”Kegiatan berburu dipimpin oleh Kanit Patroli Polres Sumedang AKP Asep Haeruman. Mereka melakukan penyisiran terhadap hewan yang disinyalir membunuh ternak warga,” paparnya.

Sekretaris Desa Gunturmekar, Wahyu membenarkan adanya perburuan yang dilakukan warga, komunitas Jabursilan beserta jajaran Polsek dan Koramil Tanjungkerta dibantu Perbakin. Perburuan sengaja dilakukan sebagai tindak lanjut dari serangan kawanan srigala yang sempat memangsa domba-domba milik penduduk di kampung Gunung Datar.

”Minggu lalu ternak domba warga kami kan banyak yang mati dimangsa srigala. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut agar tidak terulang, Pemerintah Desa dan Babinkamtibmas serta Babinsa akhirnya sepakat untuk memburu kawasan srigala itu,” kata Wahyu.

Tujuan perburuan ini sebut Wahyu, selain untuk memusnahkan kawanan srigala juga untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat yang selama ini telah dibuat resah. Serigala-serigala itu sebut dia, kerap memangsa hewan ternak mereka.

”Jumlah peserta yang ikut berburu itu seluruhnya mencapai 40 orang-an. Namun anehnya, saat dilakukan perburuan itu kawanan srigalanya malah tidak ada. Kabarnya cuma ada satu srigala yang berhasil ditembak, tapi itu pun tidak sampai mati, malah bisa langsung kabur lagi,” ujarnya. (atp)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.