oleh

Ribuan Kendaraan Belum Bayar Pajak

KOTA – Dinas Pendapatan Daerah bekerjasama dengan Sat Lantas Polres Sumedang, menggelar operasi gabungan Pajak Kendaraan di depan Pos Pol Alam Sari, Kabupaten Sumedang, Kamis (7/4).

Kegiatan itu merupakan salah satu program Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat yang secara serentak dilakukan dengan waktu yang berbeda. Melalui program tersebut yang telah digelar sejak 2015 tersebut, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan perpanjangan pajak kendaraan bermotor. Hal itu disampaikan oleh Kasubag TU Dispenda Provinsi cabang pelayanan Dinas Pendapatan Kabupaten Sumedang, Elin Siti Marlina.

“Sebelumnya, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan ini cukup besar di Sumedang. Tapi, Alhamdulillah, setelah sering kita gelar operasi ini, sekarang tingkat kesadaran masyarakat terus bertambah,” katanya ketika dijumpai Sumedang Ekspres di lokasi oprasi gabungan tersebut.

Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, secara otomatis akan meningkatkan juga kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sumedang. Karena dengan membayar pajak tepat waktu, secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah PAD yang masuk.

“ Dengan kondisi KTMDU (Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang) saja target kita tetap terealisasi. Apalagi jika KTMDU kondisinya beres, mungkin masyarakat juga akan lebih sejahtera,” ujarnya.

Dari jumlah kendaraan diatas 250 ribu unit di Sumedang, saat ini tinggal 40 persen yang belum melakukan daftar ulang. Dan melalui program tersebut, Dispenda terus menggenjot hingga mampu meminimalisir jumlah KTMDU di Kabupaten Sumedang.
Pada kesempatan tersebut, Sat Lantas Sumedang tidak hanya memberhentikan kendaraan umum yang melintas, melainkan turut memberhentikan kendaraan plat kuning dan plat merah yang melintas di jalur operasi.

Elin juga menyebutkan, jumlah kendaraan yang terjaring oprasi gabungan tersebut saat ini sudah semakin berkurang dari tiap bulannya.

“Saat ini kita rata-rata setiap menggelar oprasi gabungan seperti ini, sudah mampu menjaring sekitar 40 unit kendaraan yang telat membayar pajak. Dan juga mereka langsung membayar pajak ditempat. Mungkin ini sangat membantu sekali bagi masyarakat, karena memudahkan mereka untuk melakukan pembayaran,” ujar Elin.

Sementara itu, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Sumedang, Iptu Suratman, menyatakan apresiasi menyambut kegiatan tersebut. “ Saya jelas mendukung dengan adanya kegiatan ini, karena ini membantu sekali dalam menertibkan kelengkapan kendaraan bermotor. Kami siap untuk terus mengawal kegiatan ini,” tandasnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed