oleh

Ribuan Warga Masih Nganggur

Disnaker Terbitkan 8.195 Kartu Kuning

SUMEDANGEKSPRES.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang mencatat selama 2020, terdapat 8.195 warga Sumedang yang membuat kartu pencari kerja.

Dari jumlah tersebut baru sekitar 520 orang sudah ditempatkan dan sisanya masih belum mendapatkan pekerjaan.

Kabid Penempatan dan Perluasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Asep Muldansyah mengakui jumlah pencari kerja asal Kabupaten Sumedang setiap tahunnya memang tinggi. Jumlahnya hingga mencapai ribuan orang.

“Untuk tahun ini kami sudah mencatat ada 8.195 yang mengajukan pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning,” jelas Asep di kantornya, Selasa (15/9).

Sebagai perbandingan, kata Asep, untuk tahun 2019 lalu jumlah pencari kerja di Kabupaten Sumedang mencapai angka 14.042 orang dan yang ditempatkan mencapai 5.300 orang. Tahun ini yang sudah ditempatkan memang jumlahnya lebih sedikit, yaitu baru sekitar 520 orang atau 10% dari jumlah tahun lalu.

“Kalaupun hingga akhir tahun ada peningkatan, namun diprediksi tidak akan siginifikan,” tandas dia.

Diakui, adanya pandemi covid 19 yang saat ini sedang melanda turut berdampak pada penyerapan tenaga kerja. “Harus kami akui, saat ini banyak perusahaan yang melakukan PHK ataupun merumahkan karyawannya. Sehingga, berdampak pada penerimaan karyawan baru,” tukasnya.

Ditegaskan, tidak heran bila penyerapan tenaga kerja tahun ini dirasakan lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. “Hal itu karena situasi pandemi covid 19 yang berdampak pada sektor perekonomian,” pungkas dia. (atp) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.