Rp 25 Miliar Untuk OTD

Peliput/Editor: IQBAL

Rp 25 Miliar Untuk OTD

Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Edi Askhari, saat diwawancarai di Kantor DPRD, belum lama ini.

KOTA – Warga Orang Terkena Dampak (OTD) Pembangunan Waduk Jatigede, akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 25 miliar. bantuan itu terdiri dari Rp 23.5 miliar APBD Perubahan Provinsi Jawa Barat dan sisanya dari APBD Perubahan Kabupaten Sumedang.

Anggota DPRD Kabupaten Sumedang, Edi Askhari, memyampaikan, bantuan tersebut diperuntukan membantu berbagai fasilitas umum dan sosial (fasum fasos) di tempat tinggal yang baru atau relokasi para warga OTD.

“Yang kita pikirkan, bagaimana yang komplen tetap harus pindah, kemungkinan alokasi dana itu untuk membantu yang komplen berbentuk fasilitas air bersih, sarana ibadah, termasuk sarana kesehatan,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD, belum lama ini.

Dana bantuan tersebut, kata Edi, pada saat ini masih menunggu evaluasi dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan kemungkinan akan cair pada awal November nanti. “Nanti pertengahan Oktober hasil evaluasi dari gubernurnya turun,” ujarnya.

Namun, menurut Edi, dalam penggunaannya, dana tersebut tidak boleh dialokasikan untuk hal-hal yang sudah ditanggung oleh dana kerohiman. Hal itu aakan menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai tindak korupsi. “Komponennya jangan bertabrakan dengan dana kerohiman, BKAD nanti yang akan merasionalisasikannya,” jelasnya.

Edi menambahkan, saat ini masyarakat OTD masih banyak yang belum pindah dari lokasi genangan. Untuk itu, ia mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang, agar membantu warga OTD dalam melakukan perpindahan ke tempat yang baru.

“Wabup bisa meminta relawan, kepada pengusaha yang punya truk untuk membantu menganggkut barang-barang warga, kalau unsur TNI dan Polri sudah duluan kan,” tuntasnya. (iqi)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.