RT/RW Dihimbau Komunikasi Dengan Tiga Pilar

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

RT/RW Dihimbau Komunikasi Dengan Tiga Pilar

KHUSU: Para pengurus RT se-wilayah V mendengarkan pembinaan RT dan RW di GOR Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja, kemarin.

DARMARAJA – Bupati Sumedang H Eka Stiawan menghimbau pengurus RT dan RW untuk menjalin komunikasi dengan tiga pilar. Yaitu, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kepala desa sebagai kepanjangan tangan camat.

Dalam kegiatan pembinaan pengurus RT dan RW se -wilayah V (Kecamatan Situraja, Cisitu, Darmaraja, Wado, Cibugel dan Jatinunggal) para RT dan RW diberikan pemahaman mengenai pelayanan masyarakat dan jalinan koordinasi dengan tiga pilar.

“RT dan RW harus selalu cepat tanggap dan berkordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas saat terjadi persoalan di wilayahnya,” kata Eka ketika menghadiri di GOR Desa Cikeusi Kecamatan, Selasa (19/12).

Menurutnya, kemajuan satu desa itu dimulai dari kreatifitas lingkungan RT dan RW nya. Selain itu, dari kebersamaan dalam gotong royongnya.

Menurutnya, tanpa dorongan dan kepedulian RT dan RW pembangunan di tingkat desa juga cenderung monoton. Serta, manfaatnya tidak akan sampai kepada masyarakat.

“Semua kemajuan desa itu dimulai dari majunya lingkunganRT dan RW,” tandasnya.

Diakuinya, peran RT/RW dalam pemerintahan desa itu sangat menopang terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat. Biasanya, segala hal aspirasi masyarakat akan bersarang ditingkat RT.

“Tugas RT itu memang cukup berat. Sebab, segala keluhan akan sampai lebih dulu kepada tingkat pengurus RT,” katanya.

Sementara itu, Kepala badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Sumedang, Sanusi Mawi menegaskan, kesejahtraan para RT dan RW harus diperhatikan oleh pemerintah. Karena, tugas pokok mereka itu sebenarnya sangat berat.

Terlebih, RT/RW selalu berinteraksi langsung dengan masyarakat. Diharapkan, Bupati Sumedang bisa lebih memperhatikan kesejahtraan pemerintahan terendah itu.

“Disini kebetulan saya selaku ketua asosiasi rukun tetangga dan warga (ARTW), sangat paham kondisi kesejahtraan RT/RW. Mudah-mudahan dalam kesempatan ini bupati Sumedang bisa mencatat keluhan mereka,” harapnya.(eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.