RUMAH AMBRUK

RUMAH AMBRUK

HANCUR: Rumah Eni di Dusun Karasak Desa Sukarapih hancur tergerus longsor.

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Sukasari

SUKASARI – Nahas menimpa Eni, 45 warga RT 3 RW 2 Dusun Karasak Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari. Janda beranak tiga ini kehilangan rumahnya akibat longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Sukarapih Setiawan Saputra SE membenarkan adanya bencana lonsor hingga merusak satu rumah. Saat itu tengah hujan deras disertai angin kencang.

“Rumah korban tampak hancur, akibat pondasi bangunan tersebut tergerus air hingga longsor,” ujarnya dikonfirmasi, kemarin (19/20).

Tidak hanya rumah yang terkena longsor. Sejumlah rumah lainnya, atapnya mendadak bocor akibat hujan dan angin yang cukup keras.

“Mendengar ada informasi rumah warga ada yang rusak akibat longsor, kami langsung ke lokasi kejadian dan segera mengamankan korban beserta keluarganya untuk sementara waktu ditempatkan di lokasi yang aman. Akibat kejadian itu, pemilik rumah menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah,” terangnya.

Terpisah, Camat Sukasari Dase Suheryana menambahkan bahwa selain di Desa Sukarapih bencana juga terjadi di Desa Mekarsari.

“Bencana yang terjadi di Desa Mekarsari, tebing penyangga jalan desa tampak longsor yang juga bencana itu nyaris membuat jalan tersebut putus,” tuturnya.

Sedangkan bencana lonsor di wilayah Desa Sukarapih tanah yang di atasnya berdiri rumah. Diduga, tanah tersebut tidak stabil dan mudah bergerak. Apalagi saat ini musim penghujan sehingga tanah jadi labil.

Selain itu, pihaknya meminta kepada pengembang perumahan yang ada di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari, agar selalu memantau kondisi perumahan. Sebab ada juga dampak dari pembangunan perumahan yang berimbas kepada warga Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari.

“Sebaiknya pengembang ikut pemantau kondisinya karena dampak dari pembangunan perumahan berimbas kepada warga di sekitar Kecamatan Sukasari,” tuturnya. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.