Rumah Panggung Ludes Terbakar

Rumah Panggung Ludes Terbakar

LUDES: Sebuah rumah yang ludes terbakar menjadi tontonan warga sekitar, beberapa waktu lalu. (DOK/SUMEKS)

Peliput/Editor: atep bimo

CIMALAKA – Satu rumah panggung berukuran 4 X 6 meter, di RT 04 RW 03, Dusun Pakemitan, Desa/Kecamatan Cimalaka, ludes terbakar, Senin (19/10). Peristiwa terjadi pukul 09.00, saat pemilik rumah tengah berada di luar. Beruntung, api tidak merembet ke rumah lainnya. Sebab, dengan sigap petugas damkar berhasil memadamkan api. Dalam kejadian itu, tidak menelan korban jiwa.

Kapolsek Cimalaka, Kompol H Herno Mardiyanto, melalui panit 2, Aiptu Hendrik mengatakan, penyebab kebakaran, diduga dari hubungan arus pendek listrik. Menurutnya, kerugian diperkirakan mencapai hampir Rp 80 juta.

“Semua rumah dan barang yang berada di dalamnya ludes terbakar,” kata Hendrik kepada wartawan, kemarin.

Dikatakan Hendrik, petugas damkar dibantu warga terus berusaha memadamkan kobaran api. Dengan usaha keras, api besar pun berhasil dipadamkan walau memakan waktu berjam-jam. “Api baru bisa dipadamkan sekitar 3 – 4 jam kemudian. Untung saja tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya kerugian materi saja karena rumah panggung ini ludes” tukasnya.

Mengenai kejadian tersebut, pihaknya mengimbau, agar warga tetap waspada selama kemarau masih berlangsung. Apalagi sudah ada beberapa kejadian serupa terjadi, dari akibat arus pendek listrik. Bilamana ada percika api, harus sigap untuk segera memadamkannya. Bila perlu mengecek bagian rumah yang ada aliran listrik agar diperiksa seteliti mungkin, hingga tidak terjadi hal serupa.

Begitu juga dengan beberapa kawasan hutan, agar dijaga. Jangan sampai karena buangan kuntung rokok, terjadi kebakaran yang hebat. Disamping itu, kepada setiap pemilik kebun, jangan sampai membakar sampah atau ranting di kebun saat masih kemarau seperti ini. Karena kasus serupa dapat terjadi kapan saja bila kurang hati-hati.

“Harus menjadi perhatian setiap pemilik rumah, dengan adanya kejadian ini diharap tidak terjadi lagi. Karena arus pendek bisa terjadi kapan saja bila kondisi di rumah kurang memadai. Begitu juga dengan lahan atau perkebunan yang banyak akan sampah, harus diperhatikan lagi. Kemarau seperrti ini mudah terjadi kebakaran, ada api kecil saja, dapat merembet dan memperburuk keadaan,” jelasnya. (atp)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.