Running Teks Lapas Diretas

Running Teks Lapas Diretas

TUNJUKKAN BUKTI: Kepala Lapas Klas IIB Sumedang, Ika Pribadi Nusantara saat menunjukkan running teks yang diretas oknum tak bertanggung jawab. (ASEP NURDIN/ SUMEKS)

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

** Minta Polisi Usut Pelaku

KOTA – Para petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sumedang dikagetkan dengan tulisan pada running teks yang terpampang di pintu gerbang kantornya, Selasa (19/3).

Seharusnya tulisan berjalan itu bertuliskan ”Selamat Datang Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sumedang”, namun kemudian oleh siperetas di ubah menjadi ”Hacked by Jihyo ea Kon***”.

”Saya baru mengetahuinya sekarang,” kata Kalapas, Ika Pribadi Nusantara saat ditemui Sumeks di kantornya, kemarin.

Atas kejadian itu, pihaknya menindaklanjuti aksi hacker dengan melaporkan ke Polsek Sumedang Selatan dan untuk sementara waktu, alat tersebut dinonaktifkan.

”Baru kali ini terjadi, motifnya apa kami belum tahu,” tambahnya.

Kuat dugaan sebut Ika, cracker masuk lewat system internet yang ada di Lapas Klas IIB tersebut. ”Ya dimungkinkan peretas masuk via sistem internet atau wifi,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya masih bersyukur, karena sejauh ini sistem administrasi lainnya masih normal. ”Untuk sistem administrasi lainnya masih normal, dan belum ada laporan pihak administrasi,” tegasnya.

Kalapas berharap, agar pihak kepolisian mengusut peretasan sistem komputerisasi di Lapas Kelas II B Sumedang ini.

”Ini cukup mengganggu, karena tulisan yang tercantum sangat tidak senonoh,” tuturnya.

Bahkan lebih parahnya lagi, jika sang peretas mengubah tulisan itu, dengan kata-kata yang menjurus ke ranah politik.

Pantauan Sumeks, tulisan tersebut terlihat pada Minggu malam sekira pukul 23.00. Kejanggalan itu sempat diabadikan redaktur Sumeks.

”Pada saat itu tulisannya masih hacked by Jihyo, belum ada tulisan kata-kata kotor,” kata Igun Gunawan.

Hingga Senin malam saat selesai mengedit berita ternyata tulisan tersebut belum ada perbaikan. Karenanya dirinya meminta reporternya untuk mengonfirmasi langsung ke pihak lapas. Apalagi, sebut dia sebelumnya pernah ada kejadian di Puskesmas Srondol, Banyumanik, Kota Semarang. Runing text yang diretas mengajak warga untuk mendukung salahsatu calon. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.