oleh

Rutinkan Car Free Day dan CFN, Polres Gelar Rakor

Kota-Polres Sumedang mengadakan rapat koordinasi terkait akan diadakanya Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN), yang akan dilaksanakan di Alun-alun Sumedang. Rapat Koordinasi dipimpin Kapolres Sumedang AKBP M Nazly Harahap, S.I.K, dan dihadiri tamu undangan seperti Bagian Umum Pemda Kabupaten Sumedang, Badan Lingkungan Hidup, Dishubkominfo, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Binamarga dan SDA, Dinas Ciptarum, Satpol PP Sumedang, BRI Cabang Sumedang, Lapas Sumedang, Sub Datasemen Militer Sumedang, PMI Cabang Sumedang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kelurahan Regol Wetan, Kelurahan Kota Kulon, Organda, DKM Mesjid Agung, PT Telkom dan Hotel Puri.

“Car Free day atau Car Free Naight itu secara umumnya adalah hari bebas kendaraan. Dimana konsep umumnya, di area car free day atau car free night tidak ada satu pergerakan kendaraan bermotor pun yang berlalulintas di area tersebut. Juga dengan maksud mengkampanyekan ke masyarakat tentang pentingnya udara bersih serta mengurangi ketergantungan pada penggunaan kendaraan bermotor. Yang terpenting, melalui ini juga kita bisa meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan menciptakan pusat kegiatan masyarakkat yang ramah lingkungan,” kata Kapolres Sumedang AKBP M Nazly Harahap, S.I.K, ketika dijumpai Sumek di kantor Polres Sumedang, kemarin.

Lebih lanjut ia menyebutkan, jika kegiatan yang rencananya akan digelar sekitar Tanggal 16 dan 17 Januari mendatang, memiliki beberapa konsep yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Sumedang. “Kita akan buat beberapa konsep untuk masyarakat Sumedang nantinya, kita akan sediakan tempat kegiatan olah raga, tempat bermain anak-anak, tempat bersilaturahmi antar masyarakat, tempat wisata kuliner khas Sumedang, kita juga akan gelar penampilan seni tradisional Sumedang dan juga melalui kegiatan ini, akan menjadi ajang ekspos kreatifitas masyarakat sumedang yang selama ini gaungnya belum didengar oleh masyarakat Sumedang maupun luar Sumedang,” tuturnya.

Kapolres Sumedang mengajak pada seluruh elemen pemerintahan Sumedang dan masayarakat untuk saling mendukung pelaksanaan kegiatan di area CFD dan CFN. Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari seluruh tamu undangan.

Kanit Dikyasa, Iptu Dana Sutisna yang turut mengikuti jalannya rapat koordinasi membenarkan jika hasil dari rapat lintas sektoral disetujui oleh seluruh tamu undangan yang hadir pada kesempatan tersebut.

“Alhamdulillah pada rapat koordinasi tersebut, seluruh peserta rapat lintas sektoral ini. Menyetujui tentang konsep yang diprakarsai bapak Kapolres. Mereka menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya ke Kapolres Sumedang, yang telah peduli untuk menggiatkan area car free day yang di dalamnya akan mengangkat nama dan citra Kabupaten Sumedang kepada masyarakat umum maupun luar Sumedang, dan menginformasikan bahwa Kabupaten Sumedang adalah salah satu Kabupaten yang kaya potensinya,” ucapnya.

Untuk menyukseskan gelaran, para peserta rapat siap memberi dukungan nyata yang sesuai dengan kewenangan tugas dan inovasi-inovasi, baik secara personal maupun secara institusi. Pada kesempatan yang sama, Polres Sumedang juga menginformasikan tentang kantong-kantong parkir yang akan ditata sedemikian rupa untuk para pengunjung car free day seperti penempatan di jalan Budi Asih, Empang, Raden Saleh dan jalan Raden Sadikin. Kapolres Sumedang juga berharap agar program tersebut dapat dilaksanakan secara optimal dengan adanya dukungan dari berbagai pihak.

“Harapannya mudah-mudahan ini dapat berjalan sukses melalui kebersamaan dengan semua pihak,” pungkasnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed