oleh

Saepudin Siap Sejahterakan Petani

JATINANGOR – Ketua Forum Komunitas Petani Gunung Geulis, Saepudin, siap mensejahterakan petani dan meningkatkan pendapatan perkapita bagi petani. Itu bisa dilakukan, kata dia, asalkan ada kemauan dan kerja keras serta didorong oleh pemerintah melalui penyuluhan dan bimbingan.

Menurut caleg dari Partai Perindo ini, peran pemerintah dalam hal ini eksekutif, sangat berpengaruh bagi kemajuan para petani. Semisal bantuan pupuk, bantuan modal dan kebijakan yang menguntungkan petani.

“Mayoritas penduduk Sumedang adalah bertani, masa petani serba kekurangan terus. Ini bisa berubah kalau pemerintahnya mau mensejahterakan petani,” katanya, kemarin (3/5).

Komunitas petani Gugel pun, kata dia membawahi 8 desa dari tiga kecamatan yaitu Cimanggung, Jatinangor dan Tanjungsari, yang sudah eksis dalam pembinaan dan penyuluhan bagi petani. Meski, kata dia, anggaran yang didapatkan jarang dari pemerintah.

“Kita memanfaatkan relawan seperti perusahaan, swasta atau kampus-kampus yang mau berbagi ilmu dengan kami,” tuturnya.

Saepudin pun menambahkan, banyak lahan milik pemerintah yang belum tergali dan terkelola dengan baik. Jika itu dilakukan maka petani bisa diberdayakan sehingga tidak ada petani yang kekurangan lahan.

“Luas lahan di Gunung Geulis sendiri ada ratusan hektare. Bahkan Kahatex telah membidik 35 ha untuk RTH. Dan mau direklamasi dengan SDM nya memanfaatkan petani. Ini peluang bagi kita (petani) agar tidak nganggur,” katanya.

Komunitas yang dibentuknya, kata dia dengan dasar keprihatinan lingkungan yang semakin rusak. Sehingga dirinya memiliki konsep ekonomi ekologi dan agropertril. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed