Sah, Dony-Erwan Menang

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Sah, Dony-Erwan Menang

TANDA TANGANI: Ketua KPU Sumedang Hersa Santisa SH MH beserta jajaran komisioner lainnya menanda tangani berita acara terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilgub dan Pilbub Kabupaten Sumedang, kemarin (5/7). (ASEP NURDIN/SUMEKS)

Previous Next

KPU Tunggu Gugatan Paslon

KOTA – KPU Sumedang, menetapkan Paslon Nomor Urut 1 H Dony Ahmad Munir ST MM dan H Erwan Setiawan SE, memperoleh 275.337 suara pada Pilkada Sumedang.

Sedangkan Paslon Nomor Urut 2 H Setya Widodo SH dan Sonia Sugian SH memperoleh 69.007 suara, Paslon Nomor Urut 3 Drs H Zaenal Alimin MM dan Asep Kurnia SH MH memperoleh 120. 270 suara, Paslon Nomor Urut 4 Irwansyah Putra dan Sidik Jafar SE memperoleh 102.834 suara dan Paslon Nomor Urut 5 Ir H Eka Setiawan Dipl SE MM dan Moh Agung Anugerah SE AK memperoleh 75.677 suara.

Hasil ini, merupakan keputusan KPU Kabupaten Sumedang Nomor 110/PL.03.6 – KPP/3211/KPU. KAP/VII/ 2018, Tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Perolehan Penghitungan Suara dan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2018. Di mana, KPU Kabupaten Sumedang telah menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilgub dan Pilbup tingkat KPU Kabupaten Sumedang di Aula KPU Sumedang Jalan Serma Muchtar, kemarin (5/7).

Rapat ini, dihadiri unsur Forkomida, Panwaslu, PPK dari setiap kecamatan termasuk para saksi masing-masing paslon.

“Pelaksanaan secara umum, baik dari hasil rekapitulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS, PPK dan rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten Sumedang berjalan dengan aman dan lancar,” kata Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa SH MH usai rapat pleno.
Kata Hersa, semua pihak terutama saksi dari masing-masing paslon maupun pihak panwas, dapat menerima hasil rekapitulasi tersebut.

“Setelah ini, kita tunggu tiga hari kedepan. Kalau misalnya dalam jangka waktu tiga hari tidak ada gugatan dan lainnya, maka KPU akan menetapkan calon terpilih untuk bupati Kabupaten Sumedang yang selanjutnya akan disampaikan kepada Kementrian Dalam Negeri,” ujar Hersa.

Sedangkan untuk hasil rekapitulasi surat suara Pilgub Jabar, lanjut Hersa, pihaknya akan meneruskannya ke KPU Provinsi Jawa Barat guna diplenokan di tingkat provinsi.

Dia menambahkan, tingkat partisifasi masyarakat Sumedang terhadap pelaksanaan pilkada mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
“Alhamdulillah, meningkat menjadi 80,60 persen dari pilkada sebelumnya 78 persen lebih,” tuturnya.

Ada pun kecamatan yang memiliki tingkat partisipasi tertinggi, kata Hersa, yakni Kecamatan Sukasari 87,13 persen, disusul dengan Kecamatan Tanjungsari sebesar 85,84 persen dan Sumedang Selatan mencapai 83,35 persen.

Atas kesuksesan pelaksanaan pilkada, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam agenda lima tahunan itu.

“Terima kasih kepada TNI-Polri, Panwaslu, PPK, PPS, agen sosialisasi, awak media dan lainnya, termasuk masyarat Sumedang, atas kerjasamanya sehingga pilkada berjalan dengan aman, lancar, tertib dan damai,” ujarnya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.