oleh

Sampah Mangunarga Akhirnya Diangkut

SUMEDANG – Tumpukan sampah di Kampung Ciparuang RT 04 RW 04 Desa Mangunarga Kecamatan Cimanggung yang dikeluhkan warga, akhirnya dibersihkan. Petugas dari Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sumedang, dikerahkan untuk mengangkat sampah yang ada di sekitar lokasi.

Dikatakan Camat Cimanggung Herry Harjadinata, tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), sedianya hanya untuk pembuangan warga desa sekitar. Hanya saja saat ini, sudah over kapasitas sehingga meluber.

Akhirnya, pihak desa berkerja sama dengan forkompimka dan LH, langsung membersihkan tumpukan sampah tersebut. Tumpukan sampah ini juga, merupakan buangan dari luar desa.

“Puluhan petugas dari dinas LH dibantu dari pihak desa maupun forkompimka di kerahkan untuk membersihkan sampah yang ada di lokasi. Sekitar tujuh truk pengangkut sampah diturunkan. Sampah berhasil kami angkut dan langsung dibuang TPSA Cimalaka,” terang Camat, kemarin (18/3).

Sementara itu, Kepala Desa Mangunarga Ratman mengakui bila sampah tersebut secara rutin dibersihkan di lokasi tersebut. Tapi beberapa saat setelah dibersihkan, sampah ini kembali menumpuk.

“Lama kelamaan tumpukan sampah itu jadi sulit dikendalikan, yang akhirnya kami meminta bantuan pihak kecamatan. Permohonan bantuan itu direspon baik dan akhirnya sampah berhasil diangkut,” ucapnya.

Untuk mencegah penumpukan sampah lagi, pihaknya akan meminta kepada pihak LH agar bisa mengangkut sampah setiap ada penumpukan atau setiap dua hari sekali.

“Jika perlu menempatkan conterner sampah di lokasi. Selain itu juga akan meminta agar sampah-sampah ini diangkut secara rutin, sehingga tidak terjadi penumpukan dan menimbulkan bau seperti sekarang ini,” tuturnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed