oleh

SDN Cijolang Rusak Berat

Ganti Rugi Tol Belum Jelas

TANJUNGSARI – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cijolang di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari, nasibnya belu jelas. Selain bangunan banyak yang rusak, penggantian dari Tol Cisumdawu juga tidak jelas.

Meski pun kondisinya rusak, tetapi aktivitas belajar mengajar, masih dilaksanakan dengan baik. Namun para orang tua murid merasa hawatir jika nantinya sekolah tersebut tidak dipindahkan. Sebab proyek tol yang akan berjalan, dipastikan mengganggu para siswa dalam belajar.

Para orangtua siswa, guru dan Pemerintah Desa Margaluyu, berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang, segera menganggarkan dana untuk biaya pembangunan SDN Cijolang.

Menurut informasi, sekolah yang akan tergerus proyek Tol Cisumdawu itu, sampai sekarang soal anggaran penggantian untuk pindah ke lokasi yang baru masih simpang siur.

“Sebenarnya sekolah itu akan terkena proyek Tol Cisundawu. Hanya saja hingga saat ini belum jelas soal penggatian ganti ruginya. Meski begitu, jika memang sekolah tersebut terkena proyek tol, sebaiknya dari sekarang ada tempat untuk membangun kembali,” jelas Kepala Desa Margaluyu Nunung, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika pemerintah tidak segera menganggarkan dana untuk kepindahan sekolah, tentunya sekolah ini akan keburu ambruk dan sebaiknya sesegera mungkin dipindahkan.

Sekolah tersebut di bawah lingkungan UPTD PAUD, PNFI, TK dan SD Kecamatan Tanjungsari, yang hingga kini masih berdiri dengan jumlah siswa sebanyak 252 yang dibangi menjadi dua shift. Artinya, ada yang masuk pagi dan ada yang masuk bagian siang, karena ruang kelas yang ada tidak bisa menampung semua siswa.

Jika nantinya, kata Nunung, sekolah itu terpaksa dipindahkan karena terkena tol, dana yang dibutuhkan untuk pembelian tanah tersebut sekitar Rp 876 Juta. Pemda, harus segera mungkin menyiapkan tanah untuk relokasi sekolah, karena secara tidak langsung sangat mengganggu kondisi psikologis para siswa jika bangunan itu tetap dibiarkan. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed