Sejarawan Prancis Akan Bedah Sejarah Gamelan Sari Oneng

KOTA – Pemerintah Kabupaten Sumedang siap menggelar Seminar Internasional Kebudayaan (SIK) bertempat di Gedung Negara pada Minggu (17/3).

Rencananya untuk kegiatan itu akan menghadirkan pembicara asal Prancis Gabriel dan Sarah Phd dengan tema “Gamelan Sari Oneng Parakan Salak Budaya Sunda dan Tantangan Industri 4.0”.

Adapun peserta yang akan diundang sebanyak 250 orang dari kalangan tokoh-tokoh budayawan dan juga guru-guru perwakilan dari MGMP Seni Budaya. Berdurasi 3 jam 30 menit seminar tersebut akan mengupas dan memperdalam kebudayaan Sunda dimulai dari Gamelan Sari Oneng Parakan Salak.

”Nanti yang akan dibedah adalah keberadaan Gemelan Sari Oneng Parakan Salak sebagai bagian dari prodak kebudayaan Sunda. Kemudian  kita akan membuat budaya Sundanya itu sendiri terutama dari sisi pewayangan,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si kepada Sumeks ketika ditemui setelah rapat persiapan seminar usai.

Selain itu, Herman memaparkan tentang materi yang akan disampaikan para narasumber yang memiliki perhatian terhadap seni budaya Sunda tersebut. “Mr. Grabiel akan memaparkan secara spesifik seni musik Gamelan Sari Oneng Parakan Salak. Sedangkan Mrs. Sarah akan banyak memaparkan budaya Sunda khususnya falsafah mengenai pewayangan,” sebutnya.

Herman memiliki pandangan bahwa menghadapi kemajuan zaman di era industri 4.0 Indonesia khusunya Sumedang bisa dari membangkitkan kebudayaan.

“Kedua hal ini baik dengan Gamelan Sari Oneng  dalam konteks mikro dalam konteks makro budaya Sunda diharapkan bisa menjadi modal untuk menaklukan era industri 4.0. Untuk menghadapi berbagai tantangan era industri 4.0 Sumedang sebagai puseur budaya Sunda bisa mendapat kemanfaatan  kekayaan budayanya yang insyallah berdampak terhadap perekonomian, berdampak terhadap berbagai sektor pembangunan,” tuturnya.

Selain itu, Herman memiliki harapan tinggi untuk kelancaran acara ini dan kedepannya kebudayaan Sunda memiliki peluang dikenal bahkan sampai ke luar negeri.

“Kegiatan ini menjadai jembatan, insyallah bulan Mei kita melaksanakan konser Gamelan Sari Oneng Parakan Salak di Jakarta dan difasilitasi Kedutaan Prancis. Dan jika ini berjalan lancar mudah-mudahan di tahun 2020 Gamelan Sari Oneng Parakan Salak beserta jajaran semuanya bisa konser di Prancis,” ungkapnya. (cr1)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.