oleh

Sektor Pertanian Jadi Bidikan

Bidang pertanian, menjadi salah satu prioritas salah satu bakal calon bupati Sumedang periode 2018-2023, H Ecek Karyana SKep MH. Sebab, menurut dia, hampir sebagain besar wilayah sumedang, merupakan lahan pertanian.

Sehingga, kata Ecek, jika lahan-lahan tidur milik pemerintah maupun masyarakat, digarap secara maksimal, akan menghasilkan potensi yang luar biasa.

Sebab itu, jika dirinya ditakdirkan menjadi bupati Sumedang, akan memanfaatkan lahan tidur milik pemerintah ini, agar bisa digarap oleh masyarakat. Bahkan, menjadi hak milik, terutama bagi masyarakat dari kalangan ekonomi lemah.

“Akan menjadi manfaat bagi Sumedang, jika lahan-lahan tidur ini digarap oleh masyarakat, khususnya dari kalangan ekonomi kurang mampu. Selain bisa menyejahterakan masyarakat, juga akan ada pemasukan bagi pemerintah daerah sebagai PAD,” tutur Ecek saat diskusi pilkada bertajuk Menuju Pendopo di Kantor Harian Pagi Sumedang Ekspres (Sumeks), Selasa (23/1).

Bahkan, pria yang terkenal sebagai mantri sunat ini mengaku, sudah mendapatkan investor untuk pengembangan lahan pertanian di Kabupaten Sumedang. “Jika pun nantinya masyarakat kekurangan permodalan, bisa dibantu dalam pengembangan usaha pertaniannya,” tutur Ecek.

Terkait, bidang pertanian ini, Ecek pun akan menyiapkan sumber daya manusia  (SDM) dari kalangan masyarakat, terutamanya lagi anak-anak muda, untuk dikembangkan keahliannya di sektor pertanian. “Jadi tidak hanya lahan, SDM pun harus kita siapkan, terlebih untuk anak-anak muda,” bebernya.

Kalangan anak-anak muda menjadi salah satu sasaran, kata Ecek, untuk terus menciptakan generasi yang mmpuni di bidang pertanian ini.

“Kita bisa lihat, anak-anak mudah memilih menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ketimbang bidang lain, khususnya pertanian yang sebenarnya memiliki potensi besar. Inilah yang akan kita galakan, karena untuk mendapatkan penghasilan tidak harus menjadi PNS,” jelas Ecek.

Baca Juga  Polisi Gencar Patroli di CPA

Untuk produk pertanian, balon bupati yang berpasangan dengan Abah Tatang ini, mengaku sudah menyiapkan pasarnya. Terlebih, investor yang sudah bekerja sama dengan dirinya ini, siap menampung produk pertanian kualitas ekspor.

“Sektor pertanian ini, jangan tanggung-tanggung, harus diurus dari mulai penyiapan lahan hingga pemasaran produknya. Sehingga, petani juga tidak susah untuk mencari pembeli,” ujarnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed