SIM Palsu Mirip Aslinya , Polisi Tangkap Pembuat SIM Abal-abal

Peliput/Editor: asep herdiana/handri s budiman

SIM Palsu Mirip Aslinya , Polisi Tangkap Pembuat SIM Abal-abal

Seorang warga tengah mengikuti ujian praktik pembuatan SIM. (NET/ILUSTRASI)

KOTA – Satuan Reserse Kriminal (Satreskirim) Polres Sumedang, berhasil membongkar kasus sindikat pemalsu Surat Izin Mengemudi (SIM). Beberapa orang pelaku, sudah diamankan. Namun, demi kepentingan penyidikan, polisi pun masih merahasikan jumlah pelaku dan siapa saja yang terlibat.

‘Iya benar, sudah ada yang ditangkap. Kami masih rahasiakan, karena masih dalam kepentingan pengembangan kasus,” ujar Kasatreskrim Polres Sumedang AKP Hidayatullah saat dikonfirmasi, Selasa (20/10).

Menanggapi hal tersebut, Kasat Lantas Polres Sumedang AKP Zaenul Arifin mengimbau, masyarakat berhati-hati beredarnya praktik pembuatan SIM palsu yang beroperasi lintas daerah.

Menurut Zaenul, para pemalsu SIM, cukup lihai dalam beraksi. Sebab, terkadang secara fisik SIM, hampir mirip. “Biasanya, pelaku mencari korban di terminal bis atau pangkalan angkot. Ini harus diwaspadai,” ujarnya.

Di sisi lain, ia mengimbau masyarakat tidak tergiur dengan kemudahan yang ditawarkan pembuat SIM Palsu.

Ia berharap, masyarakat tetap mengikuti prosedur pembuatan SIM yang sudah ditetapkan. Tidak perlu takut menempuh proses ujian yang selama ini dianggap susah.

“Sama seperti ujian di sekolah, ujian SIM memang ada yang tidak lulus. Namun, banyak juga yang lulus karena ujiannya memang tidak susah, jawabannya juga bisa ditemukan di kala berkendara sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pemohon SIM, Gunawan (26) mengaku, ada beberapa soal dalam ujian teori SIM yang sulit. Namun, secara keseluruhan, ia dapat menjawab soal yang diberikan, karena sehari-hari sudah ia terapkan saat berkendara.(her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js