Siswa Belajar Pemilihan Langsung

CIMANGGUNG – Sebagai bentuk pendidikan politik kepada peserta didik khususnya pemilih pemula, Osis SMA PGRI Parakanmuncang menggelar pemilihan Ketua Osis periode 2016-2017 di kampus di Jalan Parakanmuncang Km 23 Kecamatan Cimanggung, belum lama ini.

Wakasek Kesiswaan, Iman Mardiana SS, pemilihan ketua Osis itu sengaja digelar layaknya pemilihan umum (Pemilu). Sebab, banyak siswa-siswi yang usianya sudah masuk dalam daftar pemilih tetap. Sehingga, apabila mereka lulus sekolah, dan menghadapi Pilkada Sumedang, bisa menularkan kemampuannya kepada masyarakat.

“Ketika mereka keluar atau mereka mau mencoblos, mereka jadi paham. Kan tak sedikit keluaran SMA yang tak bisa tata cara memilih di Pemilu,” kata Iman.

Dia menambahkan, maka tak heran jika potensi pemilih pemula banyak yang terbuang karena siswa-siswi (pemilih pemula) enggan untuk datang ke TPS. “Kenapa enggan ke TPS, karena mereka malu dan canggung karena tidak tahu tata caranya. Makanya, kami ajarkan di pemilihan ketua Osis,” katanya.

Iman menambahkan, ada tiga calon pasangan ketua Osis SMA PGRI Parakanmuncang. Diantaranya, nomor urut satu, Wawan-Dini, Nomor urut dua, Mila-Iman Saepuloh, dan nomor urut tiga, Sri Novianti-R Ijal.

“Pemenangnya nomor urut tiga. Sesuai, penghitungan perolehan suara yang disaksikan perwakilan kelas. Termasuk tim saksi dari masing-masing pasangan calon,” katanya.

Dia berharap, mudah-mudahan para pemilih pemula bisa paham tidak hanya teori tetapi praktek. Sebab, pemilihan kepala daerah di Sumedang dan Jawa Barat tinggal beberapa tahun lagi. Termasuk menghadapi pemilihan Presiden dan Pemilu Legislatif. (imn/*)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.