Siswa Korban Bencana Diprioritaskan, Fokus Juga untuk Pendidikan

Siswa Korban Bencana Diprioritaskan, Fokus Juga untuk Pendidikan

KUNJUNGI KORBAN: Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Zainal Alimin, saat mengunjungi para korban bencana yang mengungsi di Gedung Olahraga Tadjimalela, Kamis (22/9)(ASEP NURDIN/JATEKS)

PEWARTA: asep nrdin

KOTA – Pemerintah Kabupaten Sumedang, berjanji akan memperhatikan nasib sejumlah siswa Sekolah Dasar (SD) korban bencana. Dimana saat ini, mereka (para korban) tidak bisa bersekolah akibat bangunan sekolahnya rusak pasca bencana tanah longsor.

Seperti dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Zainal Alimin, saat mengunjungi para korban yang mengungsi di Gedung Olahraga Tadjimalela, Kamis (22/9). Menurutnya, pemkab tengah mencari cara agar keberlangsungan kegiatan belajar mengajar mereka tidak terputus.

“Anak-anak sekolah yang terhenti kegiatannya di sekolah karena bencana alam. Kita mengambil langkah seperti mendatangkan berbagai institusi, seperti ada dari Green School dan dari PKH, untuk membantu menangani dalam masalah pendidikan anak-anak,” ujar Zainal, kemarin.

Kebetulan, lanjut Zainal, di sekitar GOR Tadjimalela, ada sekolah dasar. Dengan begitu, Dinas Pendidikan Sumedang pun, mengantisipasi masalah dengan cara mengikut sertakan mereka untuk belajar bersama siswa lainnya di sekolah tersebut.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan tentang siswa yang ikut belajar di sana. Yang jelas, mereka saat ini tengah mengikuti proses Traumahilling di penempungan,” terang Zainal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Unep Hidayat mengatakan, sedikitnya terdapat tiga unit bangunan sekolah dasar yang tidak dapat dipergunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akibat bencana longsor.

“Semua siswa SDN Sukasirna I, Sukasirna 2, sementara belajar di rumah. Sedangkan siswa SDN Ciherang, ditarik dulu ke tempat pengungsian,” terangnya.

Dikatakan Unep, pihaknya akan memberikan bantuan alat tulis kepada siswa yang menjadi korban bencana. “Kita telah berkoordinasi dengan UPTD setempat, dalam pengadaan alat tulis,” tukasnya. (mg1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.