oleh

SKPD Dituntut Gunakan Medsos

KOTA – Demi menunjang kinerja dan kecepatan dalam merespon setiap kegiatan, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Sumedang diminta untuk memanfaatkan media sosial (medsos) di internet dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan pemerintahan.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati H Eka Setiawan di hadapan para Kepala SKPD Kabupaten Sumedang dalam rapat yang digelar di Ruang Cakrabuana Gedung Pusat Pemerintahan (GPP) Kabupaten Sumedang, Kamis (25/2).

Wabup yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Asisten Pembangunan H Dede Hermasyah dan Asisten Administrasi Dadang Sukma menyatakan, publikasi tersebut sangat penting guna penyebarluasan informasi kepada masyarakat berkenaan pelayanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.

“Masyarakat sekarang sudah sangat kritis terhadap kinerja pemerintahnya. Oleh karena itu, harus disikapi sungguh-sungguh. Salah satunya dengan mempublikasikan kegiatan pemerintahan melalui media sosial,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Wabup, publik mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk keterbukaan dan pertanggungjawaban yang menjadi prinsip dalam kepemerintahan yang baik.

“Masyarakat berhak tahu atas apa yang dikerjakan pemerintahnya.Jangan sampai timbul prasangka buruk karena tidak tahu,” tuturnya.

Alasan dipilihnya media sosial adalah karena sifatnya yang cepat, mudah, dan murah. “Setiap SKPD seyogyanya memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Sekarang baru beberapa saja yang sudah punya. Padahal pengoperasiannya cukup mudah dan tidak mahal,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, segala kemudahan mengakses informasi dari media sosial tersebut tidak hanya akan memudahkan publik, namun juga memudahkan pejabat pemerintah untuk merencanakan sebuah kebijakan yang benar-benar diperlukan oleh masyarakatnya.

“Masyarakat menjadi kontrol sosial karena turut berpartisipasi dalam mengawasi jalannya pemerintahan dan pembangunan. Mereka juga bisa langsung memberikan masukan terhadap kinerja kita,” kata Wabup.

Untuk keseragaman dan kelayakan informasi, Wabup meminta agar setiap bahan yang akan diterbitkan disampaikan terlebih dahulu kepada Bagian Humas dan Protokol Setda. “Sesuai dengan salah satu fungsinya yaitu koordinasi, Sekretariat Daerah, dalam hal ini Bagian Humas, akan menampung semua informasi dari masing-masing SKPD melalui satu pintu yaitu portal Humas yang kemudian disampaikan kembali kepada seluruh akun media sosial SKPD untuk dipublikasikan,” ucapnya. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed