SMAN 3 Miliki Kelas Parenting

SMAN 3 Miliki Kelas Parenting

FOTO: Kepsek SMAN 3 Sumedang, Dadang Kusmana M.Pd (ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: asep nurdin

KOTA – SMA Negeri 3 Sumedang sekarang sudah memiliki ruang kelas parenting atau upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga. Kelas ini menjadi suatu kebanggan bagi warga sekolah dan orang tua
siswa.

Pasalnya satu-satunya sekolah SMA di Sumedang yang memiliki ruang parenting hanya   SMAN 3. Dan ini merupakan pilot project dari Kementrian Pendidikan.

“Ruang parenting akan dipergunakan untuk pertemuan antara wali kelas dengan orang tua siswa dalam membicarakan permasalahan yang terjadi pada diri siswa,” kata Kepala Sekolah SMAN 3, Dadang Kusmana M.Pd kepada Sumeks, Rabu (9/11) seusai meresmikan ruang parenting di kompleks sekolah tersebut.

Dikatakannya, setiap keluhan orang tua siswa terkait sejumlah permasalahan seperti pada  proses pelaksanaan belajar di sekolah, atau masalah lainnya, dapat dikomunikasikan di ruang tersebut.

“Dengan begitu, orang tua siswa bisa kapan saja menemui wali kelas untuk memecahkan masalah yang terjadi, tidak usah menunggu rapat komite. Dengan demikian, kita berharap ada keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak,” terangnya.

Manfaat keterlibatan tersebut, sambung Dadang, seperti akan meningkatkan kehadiran anak di sekolah, mengurangi perilaku menganggu pada anak, sikap dan perilaku anak lebih positif. Lalu, meningkatkan kebiasaan belajar pada anak, dapat meningkatkan prestasi akademik anak dan dapat meningkatkan keinginan anak untuk melanjutka sekolah,” papar Dadang.

“Manfaat lain yang akan diraih, akan meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan anak serta akan meningkatkan harapan orang tua pada anak,” katanya.

Dengan demikian, kata Dadang, orang tua akan merasa turut berhasil sehingga  akan meningkatkan kepercayaan orang tua kepada anak.

“Efek yang akan timbul, nantinya upaya orang tua untuk mendorong anak untuk belajar akan meningkat,” katanya.

Dengan begitu, lanjut Dadang, kepuasan orang tua terhadap sekolah akan meningkat sehingga mereka (orang tua) akan mendukung iklim sekolah yang berpengaruh terhadap meningkatnya semangat kinerja
guru.

“Dengan demikian, maka kemajuan sekolah pun akan tercapai secara keseluruhan,” pungkasnya. (mg1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.