oleh

SMK Al Amah dan TNI Tanam Pohon

Reboisasi Lahan Patambon

CIMANGGUNG – Dalam upaya penghijauan lahan kritis di Gunung Kareumbi Blok Patambon Desa Cimanggung, SMK Al Amah Cimanggung bersama Koramil 1014/Cimanggung dan aparat Desa menanam ratusan pohon, Sabtu (14/12/2019).

Pantauan Sumeks, puluhan siswa SMK Al Amah melakukan penanaman pohon secara serentak di kawasan Gunung Kareumbi Patambon dengan sangat antusias.

Kepala SMK Al Amah Cimanggung Encep S Akbar mengatakan penanaman pohon itu dalam rangka penghijauan lahan Patambon ditambah edukasi lingkungan kepada siswa siswi SMK. Sebagaimana anjuran Gubernur Jabar bahwa sekolah harus peduli lingkungan dan menciptakan Jabar Hejo Juara.

“Jenis tanaman yang ditanaman antara lain pohon Manglid, Krireum, Kuteja, Kaweni, Rambutan, Alpukat, Jambu dan Durian, dengan total mencapai 1000 tanaman,” katanya.

Bibit tersebut, lanjut Encep didapat dari para siswa 300 dari desa 300 dan dari koramil 400.

“Kegiatan penanaman pohon tersebut juga merupakan program Siap Sadar Lingkungan yang diinisiasi oleh para guru SMK Al Amah. Program ini mengajak anak untuk tak hanya sekadar peduli, namun terlibat langsung dalam aksi nyata,” katanya.

Dalam hal ini anak anak bergerak bersama-sama menjaga kerusakan pada hutan, terutama di Gunung Karembi yang sempat pernah terjadi kebakaran.

Sementara itu Guru Pembina Asep Tono mengatakan untuk cakupan lebih luas, pihaknya sudah merencanakan program ini secara kontinue akan dilakukan agenda tahunan.

“Tentu dengan melibatkan banyak pihak lain dan alhamdullilah banyak dukungan dari semua pihak antara lain dari Koramil, Kapolsek dari Kecamatan, desa bahkan dari ormas dan aktivis lingkungan mendukung kegiatan kami,” ujar Asep tono.

Sementara itu Danramil Cimanggung Kapten Arh Rusnendi mengatakan kegiatan ini jangan hanya sampai penanaman saja, melainkan harus ada tindak lanjut seperti pemeliharaan dan penjagaan secara kesinambungan.

“Jangan sampai sudah nanam terus ditnggal, saya berharap seluruh masyarakat juga peduli dengan kegiatan penanaman ini karena salah satu penanggulangan bencana diantaranya penghijauan. Jadi marilah kita bersama sama menimbulkan kesadaran dalam menjaga lingkungan,” tandasnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed