oleh

SMK Informatika Cetak Sumber Daya Manusia Produktif

SUMEDANG – SMK Informatika Sumedang merupakan salah satu sekolah kejuruan berbasis ilmu komputer dan multimedia terbesar di Kabupaten Sumedang ini. Selain itu, sekolah kejuruan yang terletak di sekitaran kampus-kampus ternama di Sumedang ini, memeng dikenal dengan sejumlah siswa siswi yang berprestasi. 

Untuk tahun 2025 mendatang, SMK Informatika memiliki visi untuk menjadi sekolah pusat pendidikan dan pengembangan teknologi informasi yang unggul di Jawa Barat. Hal itu demi menghasilkan sumber daya manusia profesional dan berakhlak mulia.

Selain visi, SMK Informatika Sumedang juga memiliki misi untuk melaksanakan pendidikan yang efektif, efisien dan berkualitas juga mendidik peserta didik agar menjadi sumber daya manusia yang kompeten, tangguh, berbudi luhur, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun sejumlah jurusan kejuruan yang ada di SMK Informatika Sumedang diantarany adalah Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia, ditambah dengan kelas industri Axioo Clas Program.

Kepala Sekolah SMK Informatika Sumedang E. Sulyati, Dra. M.Pd. mengatakan, SMK Informatika memiliki tujuannya untuk menjadi salah satu sumber informasi IPTEK bagi DU/DI di wilayah sekitar. 

“Kami mempersiapkan peserta didik menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, dan dapat diserap oleh DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” ujarnya kepada Sumeks.

Tak hanya itu, lanjut Sulyati, SMK Informatika Sumedang juga ingin memberikan pembekalan agar peserta didik mampu berkarir, ulet, giat dalam berkompetensi, mampu beradaptasi dilingkungan kerja, dan dapat mengembangkan sikap profesional sesuai kompetensi yang dimiliki. 

“Mereka kami bekali dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan wawasan entreuprener agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari. Baik secara mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Juga kami membekali peserta didik ini agar mampu mengaplikasikan nilai-nilai moral, sosial, dan spiritual. Jadi, intinya tujuan kami ingin menjadikan siswa siswi di SMK Informatika Sumedang menjadi produktif,” ungkap sosok yang telah menjabat sebagai kepala sekolah SMK Informatika sejak tahun 2005 tersebut.

Sulyati juga menambahkan, selama dirinya menjabat sebagai kepala sekolah, ada sejumlah prestasi yang di dapatkan oleh sekolahnya. Diantaranya adalah Juara umum Festival Musikalisasi puisi Tingkat Sama/SMK/MA se Jawa Barat, Juara dua PP Wira 2019 se Jawa Barat, Juara satu lomba cipta Animasi tingkat nasional di UPI Bandung, Juara umum Dinamik di UPI Bandung dan Juara satu lomba cipta WEB.

“Kami sebagi guru sangat bangga terhadap prestasi yang diraih siswa siswi berprestasi di SMK Informatika Sumedang ini,” tuturnya. (Cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed