SMK M 1 Gelar Pawai Ta’aruf

Peliput/Editor: soni widina/iaman nurman

SMK M 1 Gelar Pawai Ta’aruf

PAWAI TA’ARUF: Sejumlah guru dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Sumedang, saat Pawai Ta’aruf keliling jalan, kemarin. FOTO: SONI WIDINA/SUMEKS

KOTA- Dalam menyambut tahun baru Islam 1437 Hijriah yang jatuh pada Rabu (14/10) kemarin, SMK Muhammadiyah 1 Sumedang yang berlokasi di Jalan Dano Sumedang Utara menggelar Pawai Ta’ruf dengan gerak jalan santai ke rute wilayah Sumedang kota.

Kegiatan pawai ta’aruf tersebut, menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Pawai Ta’aruf menyambut tahun baru Islam SMK Muhammadiyah 1 Sumedang , Anggi Sugiarto, S.Pd sebagi bentuk pendidikan kepada siswa untuk selalu mengingat kebesaran islam yang didalamnya banyak hari-hari besar islam bersejarah dengan menggunakan perhitungan tahun hijriah.

“Acara pawai ta’aruf ini kami gelar sebagai bentuk rasa syukur dan, pembelajaran bagi siswa untuk selalu mengingat bahwa agama islam memiliki perhitungan tanggal sendiri dengan tahun hijriah,” katanya.

Penyambutan tahun baru hijriah tersebut, terang ia, merupakan salah satu agenda tahunan keagamaan yang selalu digelar di sekolahnya. Sehingga siswa atau pun keluarga besar SMK Muhammadiyah 1 Sumedang memahami berbagai hari-hari besar islam, karena sekolah tersebut selalu menggelarnya dengan bimbingan dari kepala sekolahnya secara langsung.

“Sebetulnya untuk bimbingan keagaman, di sekolah kami secara rutin digelar dengan mengadakan takblig akbar SMK Muhamadiyah 1 dengan pencermah oleh bapak kepala langsung, yaitu bapak Dadang Setiawan, S.ag. M.Si,” ujarnya.

Selanjutnya dalam kegiatan pawai ta’aruf penyambutan tahun baru 1437 hijriah tersebut, sebelum pemberangkatan gerak jalan santai keliling kota yang dimeriahkan dengan samroh. Pihaknya pun menggelar tausiah dan doa bersama yang disampaikan oleh kepala sekolahnya.
“Kami berharap dengan kegiatan ini semua siswa semakin cinta terhadap islam dengan memiliki akhlakul kharimah, dan ditahun 1437 hijriah SMK Muhamadiyah 1 semakin maju dan berprestasi,” tuturnya.

Selanjutnya, ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)1 Sumedang, Cecep Saepuloh mengapresiasi kegiatan penyambutan tahun baru Islam 1437 Hijriah tersebut. Karena menjadikan motivasi untuk menjadikan lebih mencintai islam, apalagi dengan siraman rohani yang disampaikan oleh kepala sekolahnya.

“Kami berharap mudah-mudahan di tahun baru hijriah ini, menjadikan kami sebagai pelajar bisa hijrah kepada yang lebih baik dalam menuntut ilmu yang cerdas dan berakhlak mulia,” pungkasnya. (wid)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.