oleh

SMPN 4 Diserbu Peminat

Kuota Hanya 352 untuk 11 Kelas

SUMEDANGEKSPRES.COM – Lebih dari 400 calon siswa menyerbu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 4 Sumedang. Namun demikian, hanya sebanyak 352 yang diterima di salah satu sekolah favorit di kota tahu ini.

“Tahun ajaran baru kali ini, peminat ke SMPN 4 Sumedang, sebanyak 437 siswa. Namun, yang diterima sebanyak 352 siswa, sesuai kuota untuk 11 kelas,” ujar Kepala SMPN 4 Sumedang Drs Edeng Sutarya MMPd melalui Wakasek Kesiswaan Iwan Suhardi SPd ketika ditemui Sumeks di ruangan kerjanya, baru-baru ini.

Iwan menerangkan, proses PPDB yang digunakan, yakni jalur zonasi sebanyak 207 siswa, jalur prestasi 57 siswa, serta jalur afirmasi dan perpindahan orang tua sebanyak 88 siswa.

Sedangkan untuk lulusan 2020, terang dia, sebanyak 342 siswa dari 11 kelas. “Seluruhnya melanjutkan ke SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta dan juga ada yang melanjutkan ke pesantren,” terang Iwan.

Selanjutnya, kata Iwan, berdasarkan instruksi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, sekolah tidak diperkenankan melaksanakan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah).

“Di masa pandemi ini, sekolah tidak diperkenankan melaksanakan MPLS, dengan pertimbangan mencegah penyebaran virus korona,” kata dia.

Dia juga mengatakan, untuk sementara kegiatan belajar mengajar saat ini, masih menggunakan sistem belajar dari rumah (BDR).

“Ada beberapa cara, misal home visit. Jadi selain daring, akan dijadwalkan pula pertemuan di beberapa titik, selanjutnya guru mendatangi para siswa tersebut, yang tentunya rumah para siswa ini berdekatan,” jelas dia.

Selain itu, kata dia, proses KBM bisa melalui program televisi, seperti yang pernah dilakukan TVRI. “KBM masih daring, bisa menggunakan vaplikadi WA (What’s App) ataupun zoom meeting. Dan juga siaran televisi,” terang dia. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed