oleh

SMPN 8 Tekankan Pendidikan Karakter

SUMEDANGESKPRES.COM – Faktor kesehatan pelajar menjadi perhatian utama pada masa pandemik Covid-19 ini. Namun demikian, proses belajar mengajar tetap harus dijalankan meski dilakukan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dan, agar proses kegiatan belajar mengajar dalam jaringan (daring atau online) ini mencapai tujuan pendidikan, diperlukan pula kerja sama antara anak didik, orangtua dan guru atau wali kelas.

Dan, sebagai kontrol kegiatan pendidikan karakter, di SMPN 8 Sumedang siswa diberi buku catatan bimbingan dan konseling dan harus diisi setiap harinya.

“Kami menyebutnya BuCat BiSul, yakni Buku Catatan Bimbingan dan Konsultasi. Buku ini, sebagai dokumen penilaian dari orangtua dan dikonsultasikan kepada guru jika mendapat kendala dalam masa BDR (belajar dari rumah, red) ini,” ujar Plt Kepala SMPN 8 Sumedang Asep Jamiat SPd MMPd didampingi Wakasek Bagian Humas Karyanti SPd kepada Sumeks, kemarin (29/7).

Buku tersebut,  jelas Asep, berisi uraian kegiatan peribadatan, membantu orangtua, aktivitas sosial, aktivitas individu, hapalan surat pendek dan aktivitas olahraga.

Sementara itu, Wakasek Bagian Humas Karyanti SPd menyebutkan, pada tahun ajaran baru ini, SMPN 8 telah meluluskan sebanyak 174 siswa. Dan seluruhnya melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA, SMK, MA maupun pesantren. “Sebanyak 174 siswa ini berasal dari tujuh rombongan belajar,” terang dia.

Sedangkan untuk PPDB siswa baru tahun ajaran 2020/2021, pihaknya sudah menerima sebanyak 110 pendaftar dari kuota 282 siswa. “Jika ada calon siswa dari jalur peralihan orang tua maupun lulusan SD yang tadinya belum memiliki motivasi melanjutkan sekolah, InsyaAlloh masih bisa diterima di sekolah ini,” ujar Karyati. (ahm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 komentar

News Feed