Stok Darah Sering Kurang, Siswa SMAN Jatinangor Rutin Donor Darah

Peliput/Editor: ENGKOS

Stok Darah Sering Kurang, Siswa SMAN Jatinangor Rutin Donor Darah

DONOR DARAH: Sejumlah siswa saat mendonorkan darahnya pada kegiatan bakti sosial yang digelar SMAN Jatinangor secara rutin, kemarin. (ENGKOS KOSWARA/JATEKS)

JATINANGOR – Ratusan siswa SMAN Jatinangor, berbagi kebahagiaan dengan melaksanakan bakti sosial donor darah. Kegiatan, berlangsung di lingkungan sekolah, yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sumedang, Kamis (11/8).

Sejak pagi, para siswa tampak antusias menunggu giliran untuk mendonorkan darahnya. Para petugas dari PMI, pun melayani para siswa dengan ramah dan sabar, dan bergantian dilakukan pemeriksaan sebelum mendonorkan darahnya.

“Kami tetap memfasilitasi kegiatan yang dilakukan siswa. Jadi selain pelajaran di sekolah, kami juga menggiatkan kegiatan extrakulikuler seperti PMR ini. Sekolah tinggal mendukung, jadi donor ini akan disumbangkan kepada rumah sakit terutama pasien yang membutuhkan melalui PMI,” ujar Koordinator Donor SMA Jatinangor, Titi Hasanah S.Pd, didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan, Hema Tutimalia, M.Pd, kepada Jateks di lokasi kegiatan, kemarin.

Kegiatan donor itu, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan siswa dan guru setiap tiga bulan sekali. “Rata-rata, para peserta donor bisa mencapai ratusan orang. Namun darah yang bisa didonorkan paling tinggi ada sekitar 70 kantong darah,” terangnya.

Donor ini juga sebagai bentuk kontribusi para guru, siswa maupun alumni terhadap masyarakat. “Kami dengar PMI sering kekurangan darah bahkan nyaris tidak ada darah. Untuk itu, kami menyumbangkan darah untuk saudara-saudari kita yang membutuhkan,” ujarnya.

Para siswa-siswi, sebutnya, sangat antusias mengikuti donor itu. Bahkan, pernah kejadian kantong darah habis karena banyak siswa yang menyumbangkan darahya.

“Dalam kegiatan itu Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para siswa untuk berbuat kebaikan dengan cara berdonor,” tuturnya.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan donor ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah di PMI. “Mudah-mudahan, darah yang kami donorkan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

Pada tahun 2016 ini, PMI Kabupaten Sumedang telah memberikan piagam penghargaan kepada pihak sekolah, atas partisipasinya sebagai penyelenggara kegiatan donor darah secara terus menerus. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.