oleh

Study Banding ke Luar Negeri

Upaya SMK Negeri Situraja Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Demi meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah wawasan siswa serta guru, Smk Negeri Situraja berinisiatif mengadakan MoU dengan sekolah di luar negeri. Kegiatan itu juga sekaligus untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Berikut catatanya.

HERI PURNAMA, Situraja.

SEIRING berjalannya waktu yang merubah jaman menjadi lebih maju dan tekhnologi yang semakin canggih serta persaingan dalam pekerjaan yang semakin keras, maka pendidikan pun harus lebih dimatangkan dari berbagai sisi.

Sejalan dengan itu, SMK Negeri Situraja mengambil langkah mengadakan kerjasama dengan sekolah yang ada di Thailand.

Kepala Sekolah Smk Negeri Situraja Dra Elis Herawati MPd menuturkan, walaupun Smk Negeri Situraja berada di pinggiran Kota Sumedang, tetap harus mampu melahirkan alumni yang berkualitas. Itu dilakukan untuk bisa bersaing dengan alumni dari sekolah-sekolah yang ada di kota bahkan diluar negeri.

“Karena sekarang tenaga asing dengan mudahnya masuk ke Indonesia dan sekarang sudah masuk era ke Masyrakat Ekonomi Asia (MEA), jangan sampai kesempatan itu diambil oleh orang lain,” kata Elis saat berbincang dengan Sumeks, kemarin (7/2).

Kini, pihak Smk Situraja berperan aktif untuk mengadakan MoU dengan berbagai sekolah di luar negeri. Langkah awal yaitu dengan SMK yang berada di Thailand.

“Kita sekarang sudah mengadakan MoU dengan 21 Smk yang ada di Thailand,” tambahnya.
Dikatakan, kerjasama yang disepakati dengan sekolah yang ada di Thailand itu adalah pertukaran pelajar dan guru di bidang bahasa dan budaya. Selain itu, juga dilakukan pelatihan-pelatihan di bidang otomotif dan komputer.

Actionnya, kata Elis, akan dimulai pertengahan bulan Februari 2018. Siswa dan guru dari Thailand akan datang ke Indonesia. Serta, pada bulan September giliran pihak SMK Situraja akan mengirimkan guru dan siswa ke Thailand.

Tentunya, langkah itu dilakukan harus melalui seleksi dulu dari pihak sekolah. Siswa yang berprestasi yang akan diberangkatkan.

“Seleksi pasti akan dilakukan terlebih dahulu sebelum berangkat ke Thailand,” katanya .

Elis berharap, Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini SMKN Situraja lebih berkualitas dan mampu bersaing dibidangnya. Bukan saja di Indonesia tapi di tingkat internasional.

“Saya optimis SMK Negeri Situraja bisa menjadi sekolah unggulan di tingkat nasional,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed