oleh

Sukajadi Ditunjuk Jadi Kampung Tohaga

SUMEDANGEKSPRES.COM – Desa Sukajadi, ditunjuk menjadi Kampung Tohaga atau desa tangguh dalam ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Wado.

Menurut Kades Sukajadi, Dede Suhendar, desanya terpilih jadi karena memiliki potensi ketahanan pangan yang bersumber dari hasil bumi dari penguatan budaya dan wisata alam.

“Intinya, dengan jadi Kampung Tohaga, kami terpacu untuk bisa menjaga ketahanan pangan mandiri melalui beberapa potensi,” ujar Dede, Minggu (12/7).

Dia mengatakan, sejumlah sumber daya alam yang mampu membuat ketersedian pangan, banyak tersedia di Sukajadi. Seperti hanjeli, jagung, cengkih dan lainnya.

Dari sektor hasil bumi, kata kades, masyarakat Desa Sukajadi mempu meningkatkan ekonominya. Ini dirasakan saat pandemi, warga masih memiliki ketersedian pangan.

Dari sektor wisata alam, tambah Dede, wilayah Desa Sukajadi memiliki tempat wisata potensial. Seperti wisata kebun teh Disbun dan Pesona Cakra. Dua tempat ini menjadi penyumbang pendapatan warga setempat.

Selain itu, katanya, penguatan ketahanan pangan juga bisa dipertahankan melalui budaya. Di Desa Sukajadi budaya gotong royong masih kental. Sehingga ketika ada warga yang kekurangan pangan, warga lainnya akan membantu.

“Kampung tohaga adalah program Polri yang harus didukung karena pada intinya adalah bagaimana sebuah wilayah bisa mempertahankan ketwrsdiaan pangan dengan berbagai cara dan dan berbagai potensi,” ujarnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di ninjajadul.com

News Feed