Sukamenak Masih Fokus Bangun Drainase

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Sukamenak Masih Fokus Bangun Drainase

PERBAIKI DRAINASE: Sejumlah warga sedang memperbaiki drainase di pinggir jalan Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja, kemarin. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

SUMEDANG – Pemerintah Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja, masih fokus menata drainase jalan desa. Anggaran dari Dana Desa (DD) tahap ke dua, masih dialokasikan untuk penataan lingkungan jalan desa, mulai dari Tembok Penahan Tanah (TPT) sampai saluran irigasi sepanjang jalan desa.

Kepala Desa Sukamenak Gustaman menyebutkan, saluran irigasi dan TPT merupakan bagian yang vital sebagai penunjang jalan desa. Sebab, kondisi jalan tidak akan pernah bisa maksimal tanpa adanya sarana penunjang yang mencegah luapan air ke jalan.

“Sampai saat ini, kita masih fokus menata sarana penunjang jalan desa,” katanya, kemarin (30/7).

Dia menerangkan, banyak kasus infrastruktur jalan desa yang baru diperbaiki sudah rusak lagi. Hal itu, bukan hanya dipengaruhi jeleknya teknis pengerjaan jalan, tapi luapan air dari drainase juga bisa mempengaruhi terhadap kerusakan jalan. Oleh sebab itu, sebelum jalannya diperbaiki, maka sarana penunjangnya yang harus dimaksimalkan terlebih dahulu.

“Kerusakan jalan itu dipengaruhi juga oleh gerusan air saat musim hujan,” ujarnya.

Dengan begitu, pihaknya semaksimal mungkin menuntaskan dulu saluran irigasi di sepanjang jalan desa, sebelum jalannya diperbaiki. Selain itu, pemerintah desa juga menargetkan untuk menata saluran irigasi yang ada di lingkungan pemukiman, untuk mencegah terjadinya luapan air yang menyebabkan longsor.

“Kita juga inginnya menata saluran irigasi yang ada di seputaran lingkungan pemukiman untuk mencegah banjir dan longsor,” harapnya.

Pada dasarnya, setiap pembangunan yang dilakukan, harus memberikan manfaat untuk masyarakat berjangka panjang.

“Jangan sampai pembangunan yang dilakukan, hanya memberikan manfaat sesaat saja,” tukasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.