Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

sumeks_image

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3A Sumedang. IST/ Asep Muldansyah

Sumedang Dapat Kuota 90 KK Program BSPS 2020

SUMEDANGEKSPRES.COM – Kabupaten Sumedang pada Tahun 2020 ini, mendapatkan kuota sebanyak 90 Kepala Keluarga (KK) untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinsos P3A Sumedang, Asep Muldansyah mengatakan, di tengah masa pandemi korona, program BSPS dari Kementerian PUPR masih jalan terus.

“Alhamdulilah walaupun dalam situasi wabah korona, namun program BSPS masih jalan terus. Hal ini cukup membantu masyarakat,” jelas Asep, Senin (29/6).

Dijelaskan, untuk 90 penerima bantuan ini, tersebar di Kecamatan Jatinangor (Desa Cileles),  Kecamatan Cimalaka (Desa Serang) dan Kecamatan Situraja (Desa Cijati, Karangheuleut dan Jatimekar).

Dikatakan, hasil verifikasi yang telah dilakukan tim saat ini, baru ada 55 penerima yang dinyatakan layak. Kini, pihaknya masih menunggu 35 penerima lagi yang masih akan diverifikasi.

“Kalau ternyata yang diusulkan pihak desa setelah di verifikasi tidak layak, maka desa bersangkutan bisa mengganti calon penerima baru yang kemudian akan diverifikasi lagi,” jelas Asep.

Asep menuturkan, untuk program BSPS dari Kementrian PUPR ini setiap penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 17,5 juta. Diantaranya, Rp 15 juta berupa bantuan bahan material dan Rp 2,5 juta uang tunai untuk ongkos tukang.

Asep menegaskan, karena ini sifatnya bantuan stimulan maka diharapkan peran serta masyarakat sekitar sangat diperlukan. “Untuk membangun rumah dengan biaya Rp 17,5 juta jelas tidak akan mencukupi sehingga partisipasi dari masyarakat sekitar sangat dibutuhkan,” tandasnya. (atp)