Sumedang Diteror Limbah Industri

Sumedang Diteror Limbah Industri

Tumpukan sampah yang diduga limbah industri menggunung di wilayah Sumedang. FOTO ISTIMEWA

PEWARTA: Sobar Bahtiar

KOTA – Komisi D DPRD Kabupaten Sumedang menyoroti terjadinya pembuangan sampah yang terjadi di sejumlah daerah Kabupaten Sumedang.

Ketua Komisi D DPRD Sumedang Dadang Rohmawan menjelaskan, kejadian tersebut akibat SKPD terkaiit belum bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

“Hal itu tidak mesti terjadi kalau SKPD yang membidangi hal tersebut menjalankan fungsinya dengan baik,” katanya kepada Sumedang Ekspres, Kamis (25/1).

Dadang juga meminta, agar masalah tersebut segera ditelusuri agar tidak terulang kembali. Jangan sampai mengakibatkan terjadi pembiaran menunggu reaksi dari masyarakat.

Dengan kejadian yang sudah ke empat kalinya, dan tampak serupa, Dadang mendorong pihak berwajib segera menyelidikinya. “Pihak yang melakukan perbuatan melanggar hukum bisa ditindak kedepannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ayuh Hidayat membenarkan, indikasi kesengajaan membuang limbah industri di wilayah sumedang. Namun, yang menjadi kendala saat ini adalah tidak adanya saksi dalam permasalahan tersebut.

“Indikasi sudah ada, dan sudah dilacak. Tapi tidak ada yang mau jadi saksi. Mengenai hukum, kami serahkan ke pada yang berwajib,” tuturnya.

Ayuh menyebutkan, jika limbah yang dibuang di empat titik Kabupaten Sumedang tersebut, yakni dijalur atas Cadas Pangeran, Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta. Desa Sukahayu Kecamatan Rancakalong dan Kelurahan Situ bilangan jalan Prabu Gajah Agung dan Kecamatan Cimanggung, merupakan limbah industri.

“Dalam sampah tersebut terdapat material seperti kertasnya, kardus, kain, plastik berwarna juga. Melihat dengan beberapa kejadian, ini limbah industri. Bukan rumah tangga,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ayuh, rata-rata limbah yang ditemukan, saat diangkut beratnya mencapai 20 ton. Karena sampah dalam kondisi basah. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.