Sumedang Pernah Lahirkan GM

Sumedang Pernah Lahirkan GM

TANDING: Seorang atlet catur putri asal Sumedang (kiri) sedang mengikuti Babak Kualifikasi Porda Jabar XIII 2018, Cabang Olahraga (Cabor) Catur yang dilaksanakan di Hotel Grand Smesco, Cisarua-Bogor.

PEWARTA: IST

Orang Pertama di Indonesia

SUMEDANG – Pecatur terhebat di Indonesia dan pertama kali menyandang gelar grandmaster berasal dari Kabupaten Sumedang. Hal itu diungkapkan Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumedang, Cecep Zakarya WN PN di sela kegiatan Babak Kualifikasi Porda Jabar XIII 2018, Cabang Olahraga (Cabor) Catur yang dilaksanakan di Hotel Grand Smesco, Cisarua-Bogor.

Cecep menuturkan, pecatur Indonesia yang pertama menyandang gelar grandmaster itu adalah Herman Suradireja. Beliau lahir di Sumedang dan turunan Sumedang, namun banyak berdiam di Jakarta.

“Beliau sudah meninggal sekitar setahun lalu,” sebut Cecep dalam rilisnya.

Dikatakan, setelah Grandmaster Herman Suradireja sebagai grandmaster pertama, muncul yang kedua yaitu Grandmaster Ardiansyah.

Grandmaster Ardiansyah juga sudah meninggal dunia sekitar sebulan lalu.

“Sementara, Grandmaster Utut Adianto merupakan urutan ketiga di Indonesia yang mendapatkan gelar grandmaster,” terang Cecep yang juga Ketua Panitia Pelaksana Babak Kualifikasi Porda Jabar XIII 2018, Cabang Olahraga (Cabor) Catur itu.

Babak Kualifikasi Porda Jabar tadi diikuti sekitar 250 orang atlit catur putra dan putri yang berdatangan dari 27 kota dan kabupaten se-provinsi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Minggu (12/11) lalu hingga berakhir pada Jumat (17/11) besok.

Cecep turut memberikan motivasi terhadap para atlet catur se Jawa Barar agar selalu tetap meningkatkan prestasi dan menjunjung tinggi nilai sportivitas. Pertandingan catur Babak Kualifikasi Porda Jabar XIII 2018 terdiri dari kelas beregu dan perorangan, baik putra dan putri catur standar yang mewakili setiap kota/kabupaten.

“Yang masuk 13 besar nantinya berhak mengikuti Porda Jabar tahun depan di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.