Sumedang selatan Genjot Potensi Wisata di wilayahnya

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Sumedang selatan Genjot Potensi Wisata di wilayahnya

DITEMUI: Camat Sumedang Selatan Heri Dewantara saat ditemui, belum lama ini.

Walau Terkendala Infrastruktur

SUMEDANG – Selain sebagai penyangga ibukota kabupaten, Kecamatan Sumedang Selatan memiliki potensi yang siap menggeliatkan industri wisata di Kabupaten Sumedang.

Camat Sumedang Selatan, Heri Dewantara mengatakan sejumlah kawasan wisata di Sumedang Selatan mempunyai aset dan potensi untuk dikembangkan. Seperti, Kampung Karuhun, Kampung Ladang, Cibingbin ataupun lainnya.

Namun, kawasan kawasan wisata ini masih terganjal masalah infrastruktur. Sehingga, sejauh ini masih kurang diminati wisatawan baik lokal ataupun dari luar daerah.

“Kalau infrastrukturnya baik, Insya Allah akan berkembang pesat,” kata Heri kepada Sumeks baru-baru ini.

Kata Heri, untuk masalah tempat wisata dibutuhkan dukungan sejumlah pihak. Baik dukungan dari masyarakat maupun dinas terkait.

“Kita lihat saja Kampung Karuhun yang nemiliki panorama alam cukup bagus. Namun, karena akses jalan yang kurang memadai sehingga perkembangannya agak terhambat,” tuturnya.

Tetapi, kata dia, jika akses jalan lebar dan mulus, apalagi dapat dilalui bis ukuran besar, tidak akan diragukan lagi. Pasti, kawasan ini akan ramai dikunjungi.

Tetapi meski demikian, Heri optimis potensi wisata Sumedang Selatan akan cepat berkembang.

“Tahun 2018 mendatang, saya mencanangkan wajah Sumedang Selatan menjadi cantik. Dan, ini harus terealisasi,” tandasnya.

Terutama, kata dia, sejumlah kawasan yang berpotensi menjadi magnet wisata di Desa Margalaksana. “Kita punya kawasan wisata Kampung Ladang serta rumah adat Sunda yang akan kita kembangkan,” tukasnya.

Selain itu, keberadaan trek sepeda BMX yang akan dibangun kembali dengan tarap internasional di Desa Margalaksana, merupakan suatu kebanggaan bagi kecamatan yang dipimpinnya itu.

“Lokasi Desa Margalaksana juga sangat memungkinkan untuk dijadikan arena off road bagi mobil dan motor, down hill dan berbagai arena olah raga ekstrim lainnya,” tuturnya.

Heri berkeyakinan dengan adanya akses tol Cisumdawu dan keberadaan Bandara Kertajati akan mampu mendongkrak pertumbuhan industri pariwisata di Sumedang. “Jika kita tidak pandai memanfaatkan potensi yang ada, maka peluang bisnispun akan terhempas begitu saja,” ujarnya.

Untuk mendukung terwujudnya desa wisata, pihaknya telah mengkoordinasikannya dengan Pemkab Sumedang. Terutama, untuk membangun akses jalan sepanjang kurang lebih empat kilometer.

“Alhamdulillah Pak Bupati meresponnya dengan antusias. Bahkan, dengan diperbaikinya akses jalan menuju Desa Margalaksana mudah-mudahan menjadi awal yang baik bagi berkembangnya potensi wisata,” katanya.

Heri mengatakan sejumlah program pemerintah Kabupaten Sumedang, seperti relokasi warga terkena dampak bencana longsor akan segera terealisasi. “Sekitar 4,2 hektare ditambah 198 unit rumah layak tinggal telah disiapkan di Desa Margalaksana. Program sertifikat tanah pun sudah terealisasi di desa ini,” tutupnya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.