Sumedang Tambah RS Baru

Sumedang Tambah RS Baru

WAWANCARA: Komisaris Utama PT Mitra Medica Sejahtera, dr. H. Hilman Taufik Ws, M.Kes, saat diwawancara mengenai pembangunan rumah sakit baru.(ASEP NURDIN/SUMEKS)

Peliput/Editor: asep nurdin

KOTA – Komisaris Utama PT Mitra Medica Sejahtera, dr. H. Hilman Taufik Ws, M.Kes, mengatakan bahwa tingkat petumbuhan penduduk di Kabupaten Sumedang pada tahun 2016, mencapai 1.146.485 jiwa. Namun pertumbuhan penduduk itu, kurang ditunjang oleh penambahan fasilitas, dan sarana kesehatan, khususnya pelayanan rumah sakit dalam penyedian jumlah tempat tidur (TT).

Dari dua rumah sakit yang ada di Sumedang, saat ini baru tersedia 500 TT dari kebutuhan 1.200 TT (standar WHO 1 TT/1000/Pend). Hal tersebut, menjadikan landasan sebuah RS swasta dengan pemenuhan fasilitas dan tenaga yang handal sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era JKN.

Maka berdasarkan latar belakang tersebut, kata Hilman, PT Mitra Medica Sejahtera, akan membangun RS Sumedang Medical Center (RS SMC). Nilai investasinya, sebesar Rp 55.776.139.000, dan lokasinya di jalan Terusan Lingkungan Tegal Sari, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara, di atas tanah seluas 13.640 meter persegi.

“Aspek lokasi rencana pembangunan rumah sakit ini berada di jalur jalan Kabupaten Sumedang-Garut-Tasikmalaya, mengarah genangan Jatigede,” ujar Hilman yang juga Direktur RSUD Sumedang, Kamis (3/11).

Hilman mengatakan, studi kelayakan berdasarkan data kebutuhan dan ketersediaan pelayanan kesehatan, peluang pasar bagi didirikannya RS begitu besar. Kemudian, aspek teknis dan teknologi menggunakan alat medis teknologi terkini, juga menggunakan Hospital Manajemen System, sehingga tingkat kenyamanan serta kemudahan peyanan sangat tinggi.

Sementara itu mengenai awal tahap pembangunan RS SMC ini akan dilakukan pada Desember mendatang. “Kalau peletakan batu pertama sesuai dengan keinginan pak bupati, pada Hari Kesehatan Nasional tanggal 14 November ini,” terangnya.

Ia menambahkan, selain pembangunan RS SMC, pembangunan Ruma Sakit Pratama yang berlokasi
di Pasir Banteng, Tanjungsari, tetap berlanjut. “Sekarang ini, Dinas Kesehatan tengah berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya, lagi membangun side plane dan DED-nya,” tukasnya. (her/mg1)

Komentar

2 Responses to "Sumedang Tambah RS Baru"

  1. SARTA SUTISNA, ST  24 November 2017 at 1:27 AM

    Salam Hormat Bapak Komisaris, Kami pengusaha dari Jakarta putra asli Sumedang, berharap jika ada kesempatan kami berminat untuk berpastisipasi dalam membangun rumah sakit baru yg akan Bapak dirikan, perlu di ketahui kami juga investor, mohon reinformasi apabila kami diperkenankan bisa bekerja sama. wass.

    Balas
  2. Nia Kurniawati  26 Desember 2017 at 9:23 AM

    Min info untuk lowongan pekerjaan di RS SMC dibuka kpn ya? Dan kemana kalau mau melamar thanks

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.