Sumur Artesis Banyak Diprotes

Peliput/Editor: DOK.SUMEKS

Sumur Artesis Banyak Diprotes

ALAT BOR: Sejumlah alat bor pembuatan Sumur Artesis ini mendapat reaksi warga.

Baru Sebatas Uji Potensi

KOTA – PDAM Tirta Medal, rencananya akan membuat 24 titik sumur artesis guna memenuhi kebutuhan pelanggan di Kabupaten Sumedang. Hal ini dilakukan, mengingat sumber air yang ada, belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun demikian, rencana PDAM untuk membuat sumur artesis di beberapa titik, justru mengundang reaksi warga. Banyak warga secara tegas menolak pembangunan artesis di wilayahnya.

Plt Asda Ekbang Setda Sumedang H Amim mengatakan, adanya reaksi penolakan yang dilakukan warga terkait pembuatan artesis ini disebabkan pihak PDAM belum melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

“Ya, ini hanyak kesalahan komunikasi saja. Kalau sudah disosialisasikan mungkin warga akan mengerti dan menerima. Apalagi keberadaan artesis nanti juga akan membantu warga untuk mendapatkan air bersih,” terangnya.

Dijelaskan H Amim, pengerjaan yang sekarang sedang dilakukan sebenarnya hanya uji potensi saja. Apakah titik tersebut ada persediaan airnya atau tidak.

“Kalau memang ada dilanjutkan dan jika tidak maka tak akan diteruskan. Termasuk yang di Suyuran Mekarjaya Sumedang Utara, juga baru sebatas uji potensi,” tambahnya.

Ditambahkan dia, bila sebatas uji potensi memang cukup pemberitahuan saja ke pemerintah kecamatan dan desa. Sedangkan sosialisasi, dilakukan setelah uji potensi selesai dan pembuatan artesis dilanjutkan.

Menurutnya, sumur artesis yang dibangun pihak PDAM ini merupakan bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung.

“Bantuan dilakukan secara bertahap dan pada tahun 2017 ini ada 12 titik yang dilakukan uji potensi sumur artesis,” tandasnya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js