Sumur di Ciduging Mulai Mengering

DARMARAJA – Warga Dusun Ciduging Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, meminta ada solusi untuk atasi kekeringan di wilayahnya. Peristiwa krisis air bersih ini, menjadi salahsatu kondisi rutin tahunan di wilayah dusun tersebut dan sebagian warga di Dusun Cipaok juga kesulitan air bersih.

Salah seorang warga Dusun Ciduging, Dedi menyebutkan, sudah sekitar tiga minggu ini warga sudah mulai mengambil air dari sumur tetangganya yang masih tersedia air bersih di sumurnya.

Itu artinya, sudah banyak sumur warga yang kekeringan. Biasanya di bulan Agustus, warga sudah harus antri di salahsatu sumur yang ada di ujung perkampungan.

“Sekarang sudah mulai banyak sumur yang airnya kering, sepertinya sebentar lagi juga harus sudah antre di sumur ujung perkampungan,” katanya, kemarin (21/7).

Bahkan untuk mendapatkan air bersih, warga harus membelinya. Hal itu akan menambah beban buat masyarakat. “Kalau tidak kebagian air di sumur umum, ya kita harus beli dengan harga Rp 100 ribu untuk 1.000 liter,” tuturnya.

Warga berharap, ada upaya dari pihak terkait untuk suplay air bersih, minimalnya setiap tiga hari sekali. Dengan begitu, kebutuhan air warga sedikitnya bisa terbantu. “Seharusnya ada suplay air bersih buat warga, karena selama ini belum ada bantuan suplay air bersih,” harapnya.

Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman menyebutkan, untuk saat ini pihaknya masih belum menemukan solusi yang pasti untuk menanggulangi kekeringan di Desa Tarunajaya, khususnya di wilayah Dusun Ciduging dan Cipaok.

Sebab, sudah pernah dibuatkan sumur artesis juga tidak keluar air dengan debit yang cukup. Untuk sementara ini, pihaknya berencana akan cek debit air yang ada di tanah kas desa. Namun, jarak tempuhnya cukup jauh, kurang lebih sekitar 10 km.

“Kita akan coba cek debit air di tanah kas desa, kalau memadai kita akan lakukan tindakan pipanisasi,” tukasnya. (eri)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.